EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS XI SMK SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

PERTIWI, JALUH (2016) EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED NUMBERED HEADS (SNH) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) SISWA KELAS XI SMK SE-KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (44Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Jaluh Pertiwi. S851408024. 2016. Eksperimentasi Model Pembelajaran KooperatifTipeStructuredNumberedHeads (SNH) danNumberedHeadTogether(NHT) PadaMateriBarisandanDeret DitinjaudariAdversityQuotient (AQ) SiswaKelasXISMKSe-KabupatenSragenTahunPelajaran2015/2016. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Budiyono, M.Sc. Pembimbing II: Dr. Budi Usodo, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Matematika.Program Pascasarjana. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe SNH, NHT atau pembelajaran langsung; (2) manakah yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik diantara siswa dengan AQ kategori climbers, champers atau quiters; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah siswa yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memiliki AQ kategori climbers, champers atau quiters; (4) pada masing-masing kategori AQ, model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipeSNH, NHT atau pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 3x3. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK di Kabupaten Sragen. Pengambilan data dilakukan dengan cara stratified closter ramdom sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dengan tujuan untuk menguji keseimbangan populasi, angket digunakan untuk mengetahui kategori AQ siswa dan tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada materi barisan dan deret. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe SNH memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran koopratif tipe NHT dan pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran langsung; (2) siswa dengan AQ kategori climbers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan AQ kategori campers dan quiters; siswa dengan AQ kategori campersmemiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan AQ kategori quiters; (3) pada masing-masing model pembelajaran (SNH, NHT, langsung), siswa dengan AQ kategori climbers memiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan AQ kategori campers dan quiters,siswa dengan AQ kategoricampersmemiliki prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan AQ kategoriquiters; (4) pada masing-masing kategori AQ (climbers, campers dan quiters), model pembelajaran kooperatif tipe SNH memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan langsung, model pembelajaran kooperatif tipe NHTmemberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada model pembelajaranlangsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran, SNH, NHT, Adversity Quotient (AQ)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 19:01
    Last Modified: 06 Apr 2016 19:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24183

    Actions (login required)

    View Item