KOMUNIKASI PEMASARAN ALBUM MUSIK “iKrak” OLEH BAND INDIE FISIP MERAUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pemasaran Band Indie Fisip Meraung dalam Perilisan dan Penjualan Album Musik “iKrak”)

P, CHANDRA EKA (2016) KOMUNIKASI PEMASARAN ALBUM MUSIK “iKrak” OLEH BAND INDIE FISIP MERAUNG (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pemasaran Band Indie Fisip Meraung dalam Perilisan dan Penjualan Album Musik “iKrak”). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (297Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Chandra Eka Privandani, D0211018, Komunikasi Pemasaran Album Musik “iKrak” oleh Band Indie Fisip Meraung (Studi Deskriptif Kualitatif Kegiatan Komunikasi Pemasaran Band Indie Fisip Meraung dalam Perilisan dan Penjualan Album Musik “iKrak”) Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta 2015. Berhasil atau tidaknya pemasaran suatu produk sangatlah dipengaruhi oleh peran aktif dari produsennya sendiri, yaitu berupa proses bagaimana produsen mengkomunikasikan produknya tersebut. Proses mengkomunikasikan produk untuk menunjang pemasaran tersebut disebut dengan komunikasi pemasaran. Dewasa ini dikenal konsep Integrated Marketing Communications (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu, di mana dalam hal ini pemasar melakukan komunikasi pemasaran dengan mengintegrasikan berbagai media yang merupakan elemen-elemen dari bauran promosi atau Promotion Mix. Pengintegrasian ini dilakukan untuk mendapatkan keakuratan, konsistensi, dan efek komunikasi yang lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan oleh band indie Fisip Meraung dalam perilisan dan penjualan album musik “iKrak”. Penelitian ini menjadi menarik karena seperti yang kita ketahui, sebagai sebuah band indie Fisip Meraung melakukan segala kegiatan baik produksi, distribusi, hingga promosi albumnya secara mandiri tanpa dukungan dari major label. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk menjelaskan tentang bagaimana kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Fisip Meraung dalam perilisan dan penjualan albumnya. Dari hasil analisis mengenai kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Fisip Meraung dalam perilisan dan penjualan albumnya, peneliti menyimpulkan bahwa meskipun melakukan seluruh kegiatan secara mandiri atau tanpa sponsor, namun Fisip Meraung telah berhasil mengimplementasikan dan mengintegrasikan dengan baik bauran promosi yang ada sehingga berpengaruh terhadap baiknya penjualan album musik “iKrak”. Hal ini sejalan dengan beberapa pendapat ahli yang menyatakan bahwa hasil akhir dari komunikasi pemasaran terpadu adalah efek komunikasi yang maksimal, dalam hal ini terbukti dari tingkat penjualan barang yang ditawarkan. Kata kunci: komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, bauran promosi, musik, band indie, Fisip Meraung.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 17:44
    Last Modified: 06 Apr 2016 17:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24174

    Actions (login required)

    View Item