Kajian Visual Desain Produk Clothing Distro Ouval Research Bandung Melalui Pendekatan Cultural Studies

PUTRI, ARUM GITHA (2016) Kajian Visual Desain Produk Clothing Distro Ouval Research Bandung Melalui Pendekatan Cultural Studies. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (667Kb) | Preview

    Abstract

    Arum Githa Putri. C0911004. 2016. Kajian Visual Desain Produk Clothing Distro Ouval Research Bandung Melalui Pendekatan Cultural Studies. Skripsi: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas adalah (1) Bagaimana latar belakang munculnya Ouval Research? (2) Bagaimana visual desain dalam produk Ouval Research? Dan (3) Bagaimana cara membaca visual desain produk Ouval Research melalui pendekatan Cultural Studies? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis latar belakang budaya yang terkandung dalam visual desain Ouval Research. (2) Mengetahui visual desain dalam produk clothing Ouval Research. (3) Mengetahui makna dari visual produk clothing Ouval Research Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Cultural Studies. Penelitian ini dalam pelaksanaannyadilakukan di clothing distro Ouval Research Bandung dengan mengamati dan membaca visual yang terdapat pada produk clothing distro Ouval Research Bandung. Hasil Penelitian sebagai berikut: Pertama, Ouval Research sebagai salah satu distro yang memiliki ideologi youth culture menjadikannya sebagai media penuangan ide kreatif. Tujuan awal mereka adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan komunitas mereka yang saat itu tidak dapat terpenuhi dikarenakan krisis ekonomi pada tahun 1998, kemudian menjelma menjadi sebuah industri kreatif yang dapat menjangkau masyarakat banyak. Kedua, produk Ouval Research lebih mengarahkan desain-desainnya kepada Contemporary Design yang mengacu pada tren visual terkini yang berbasis dengan flat design yang mengedepankan kesederhanaan dan kejelasan. Flat design memiliki tampilan menarik dengan memanfaatkan area kosong yang luas dan menghindari visual-visual yang rumit. Di dalam flat design, tipografi mendapat porsi perhatian yang cukup besar. Tipografi dalam desain ini dijadikan Ouval Research sebagai sarana untuk menuangkan ide yang diberikaan dalam bentuk visual. Ketiga, Ouval Research menjadikan tipografi sebagai satu-satunya bahasa ungkap, dimana dia membawa dua fungsi, sebagai teks itu sendiri sekaligus ilustrasi utama desain. Teks tipografi yang digunakan Ouval Research pada prinsipnya memiliki fungsi teks yang sama pada iklan, yaitu sebuah komunikasi untuk persuasi. Kata kunci: Ouval Research, Clothing Company, Cultural Studies

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Kriya Seni
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 17:39
    Last Modified: 06 Apr 2016 17:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24172

    Actions (login required)

    View Item