PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONCAT HARIMAU PADA SISWA KELAS XI TKJ C SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

HASANI, ASHIF ALFAN (2016) PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONCAT HARIMAU PADA SISWA KELAS XI TKJ C SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (632Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Ashif Alfan Hasani. “PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LONCAT HARIMAU PADA SISWA KELAS XI TKJ C SMK NEGERI 9 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016”Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar loncat harimau dengan penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas XI TKJ C SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI TKJ C SMK Negeri 9 Surakarta yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 16 siswa putra, dan 13 siswa putri, Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti, dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukan bahwa melalui penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar loncat harimau dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil tes unjuk kerja dari studi awal, dari 29 siswa yang awalnya siswa mendapatkan ketuntasan 8 siswa 27,58% dan belum tuntas 21 siswa 72,42%. Pada nilai psikomotor dan kognitif siklus I, siswa yang mencapai kriteria tuntas yaitu 51,72% dan 58,42%, untuk nilai afektif siswa pada siklus I yang mencapai kriteria tuntas yaitu sebesar 72,42%. Pada siklus I, hasil loncat harimau siswa mencapai 51,72% atau sebanyak 15 siswa dari 29 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada nilai psikomotor dan kognitif, siswa yang telah mencapai kriteria tuntas meningkat dari siklus I menjadi 82,75% dan 86,21%, pada nilai afektif juga terjadi peningkatan dari siklus I menjadi sebesar 89,65% dengan KKM untuk KI 1 & KI 2 yaitu 3,00 dan KI 3 & KI 4 yaitu 2,66. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat mencapai 82,75% atau sebanyak 24 siswa dari 29 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar loncat harimau pada siswa kelas XI TKJ C SMK Negeri 9 Surakarta tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Hasil Belajar, Loncat harimau, Alat bantu pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 17:34
    Last Modified: 06 Apr 2016 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24171

    Actions (login required)

    View Item