Novel Upacara Karya Korrie Layun Rampan (Kajian Antropologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA)

PUTRI, NINA QUEENA H. (2016) Novel Upacara Karya Korrie Layun Rampan (Kajian Antropologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (121Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Nina Queena Hadi Putri. S841408025. 2015. “Novel Upacara Karya Korrie Layun Rampan (Kajian Antropologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA)”. Tesis (Pembimbing I: Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Suyitno, M. Pd.) Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengeksplanasikan struktur novel Upacara Karya KLR, (2) mengeksplanasikan penggunaan sistem bahasa dalam novel Upacara, (3) mengeksplanasikan sistem pengetahuan masyarakat dalam novel Upacara, (4) Mengeksplanasikan sistem religi dan kesenian dalam novel Upacara, (5) mengeksplanasikan sistem matapencarian dalam novel Upacara, (6) mengeksplanasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan Relevansi Novel Upacara dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis interaktif. Kegiatan yang dilakukan adalah membaca, mencermati, menafsirkan, dan menganalisis novel Upacara karya KLR. Sumber data dalam penelitian ini adalah: (1) teks, novel Upacara karya KLR; (2) catatan lapangan hasil wawancara yang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian deskripsi dan bagian refleksi; dan (3) buku-buku literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan teknik catatat, teknik kajian kepustakaan, dan wawancara secara mendalam. Trianggulasi dilakukan dengan trianggulasi sumber, metode, dan teori dengan pengecekan data dokumen dan hasil wawancara untuk mendapatkan simpulan yang sama. Data tersebut diperoleh dengan mengkaji novel Upacara karya KLR melalui analisis isi, yaitu melakukan penafsiran terhadap teks untuk dipahami isinya. Teknik cuplikan yang digunakan adalah purposive sampling, sampel mewakili informasinya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa (1) warna lokal kedaerahan maupun kearifan lokal terutama yang berkaitan dengan berbagai kegiatan ritual upacara sebagai siklus kehidupan dari lahir hingga mati, upacara sebagai salah satu upaya menjaga keseimbangan antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam, dan manusia dengan Sang Pencipta. (2) Analisis struktur difokuskan pada tema, tokoh dan setting; (3) sistem bahasa berupa bahasa verbal dan bahasa nonverbal yang bersifat metafor, (4)Sistem pengetahuan dapat diketahui (a) sistem ruang, yaitu mengenai konsep tempat tinggal masyarakat Dayak saat hidup dan tempat tinggal masyarakat Dayak setelah hidup; (b) pengetahuan pengobatan tradisional dengan melakukan upacara balian (menyembuhkan penyakit) dengan perantara balian (dukun); (c) pengetahuan mengenai sistem pertanian yaitu dengan sistem perladangan berpindah. (5) Sistem religi dan kesenian masyarakat Dayak dalam novel Upacara yaitu (a) Masyarakat Dayaq Benuaq meyakini polytheisme, monotheisme, animisme, dinamisme, upacara dan kepercayaan terhadap peran balian; (b) kesenian tradisonal berupa nyanyian, musik, tarian, tenun, seni artefak, dan seni sastra. (6) Sistem matapencarian masyarakat holtikultura, berladang, berkebun, berburu, dan mengumpulkan hasil hutan. (7) nilai pendidikan karakter yang terungkap yaitu 5 nilai; dan memiliki relevansi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Kata kunci: antropologi sastra, unsur kebudayaan, nilai pendidikan karakter, relevansi pembelajaran, dan Korrie Layun Rampan

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 06 Apr 2016 17:34
    Last Modified: 06 Apr 2016 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24170

    Actions (login required)

    View Item