Improving Students’ Vocabulary Mastery through Suggestopedia (An Action Research of Eighth Grade at SMP Negery 4 Widodaren, Ngawi in Academic Year 2010 / 2011)

SETIAWATI, RAHAYU WINDU (2011) Improving Students’ Vocabulary Mastery through Suggestopedia (An Action Research of Eighth Grade at SMP Negery 4 Widodaren, Ngawi in Academic Year 2010 / 2011). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1206Kb)

    Abstract

    RAHAYU WINDU SETIAWATI. X2206047. PENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA DENGAN SUGGESTOPEDIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas Delapan SMP Negeri 4 Widodaren Ngawi Tahun Ajaran 2010/2011). Skrisi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, 2011. Berdasarkan pada tujuan penelitian, penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksakan dalam dua putaran. Putaran pertama terdiri dari tiga pertemuan dan putaran kedua terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, foto dan tes tertulis.Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik dengan membandingkan hasil sebelum dan sesudah tes. Hasil dari tindakan kelas menunjukkan bahwa penguasaan kosa kata siswa meningkat seperti yang ditunjukkan pada hasil observasi dalam aktifitas siswa selama tindakan kelas berlangsung dan dari rata-rata hasil tes sebelum dan sesudah tindakan. Subjek dari penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Widodaren tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 36 siwa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember sampai dengan Desember 2010. Dalam penelitian ini peneliti mengajar kosa kata menggunakan metode suggestopedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan Suggestopedi, penguasaan kosa kata siswa meningkat dalam aspek: 1) pemahaman arti dari sebuah kata, 2) penggunaan grammar dalam sebuah kalimat, 3) memahami hubungan kata, 4) penggunaan kata dalam sebuah kalimat, dan 5) pengucapan kata dari sebuah kalimat. Selain itu, situasi dalam kelas juga mengalami peningkatan dalam hal: 1) partisipasi siswa dalam kelas, 2) interaksi guru dan siswa, dan 3) perhatian siswa dalam pelajaran. Peneliti menyimpulkan bahwa suggestopedia dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Suggestopedia adalah metode yang dapat memberikan efek yang baik dalam meningkatkan penguasaan kosa kata dan dapat memberikan stimulasi untuk menciptakan berbagai macam aktifitas. Selain itu guru juga dapat menggunakan suggestopedia untuk mengatasi masalah siswa dalam belajar bahasa Inggris khususnya dalam penguasaan kosa kata.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: AB Kusuma
    Date Deposited: 15 Jul 2013 14:01
    Last Modified: 15 Jul 2013 14:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2417

    Actions (login required)

    View Item