ANALISIS GENDER DENGAN PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA MENGENAI KELUARGA BERENCANA DI DESA BOLON KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR

A, YUNIA RENNY (2016) ANALISIS GENDER DENGAN PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA MENGENAI KELUARGA BERENCANA DI DESA BOLON KECAMATAN COLOMADU KABUPATEN KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (66Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Latar Belakang :Keluarga Berencana (KB) merupakan sebuah isu penting yang relevan dengan masalah kependudukan dan kesehatan keluarga. Rendahnya partisipasi suami dalam ber-KB memberikan dampak negatif bagi kaum perempuan karena dalam kesehatan reproduksi tidak hanya kaum perempuan saja yang harus berperan aktif.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran gender dalam perspektif sosial budaya mengenai keluarga berencana (keluarga berencana) di Desa Bolon Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Subjek dan Metode : Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti menggali informasi keikutsertaan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam program KB yang dianalisis gender dengan perspektif sosial budaya. Subyek penelitian yaitu 6 PUS yang dibagi dalam 3 kolompok. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan PUS dari informan 1 – 6 menunjukkan bahwa KB merupakan metode yang digunakan untuk mengatur jarak kehamilan. Sedangkan sikap positif mengenai KB ditunjukkan oleh informan 1 – 4. Pandangan informan dan masyarakat terkait KB juga sangat beragam, namun hampir kesemuanya sepakat bahwa KB dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi karena jarak anak diatur. Dari sudut pandang agama, anggapan bahwa KB tidak dibenarkan membuat informan enggan ber – KB, namun pada sebagian orang memandangnya sebagai suatu yang boleh dijalankan asal niatnya benar. Kesimpulan : Pasangan Usia Subur (PUS) di era modern, memiliki pengetahuan yang baik mengenai KB. Sedangkan sikap dan perilaku mereka sudah sadar gender yaitu pembagian peran baik akses dan kontrol dalam rumah tangga. Agama dan lingkungan masyarakat juga memegang peranan sebagai pedoman untuk mengambil keputusan dalam melaksanakan program KB. Kata kunci : Gender, Pasangan Usia Subur, Keluarga Berencana, sosial – budaya, ekonomi, agama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 17:08
    Last Modified: 06 Apr 2016 17:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24164

    Actions (login required)

    View Item