Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perusahaan Berpindah Kantor Akuntan Publik (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014)

, THIMOTEUS (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perusahaan Berpindah Kantor Akuntan Publik (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview

    Abstract

    Kebutuhan akan jasa audit telah membawa pengaruh terhadap pertumbuhan profesi akuntan publik di Indonesia. Pertumbuhan kantor akuntan publik (KAP) berdampak pada kompetisi di antara kantor-kantor akuntan publik. Dalam kondisi seperti ini, suatu perusahaan mungkin melakukan pergantian auditor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pergantian manajemen, opini akuntan, kesulitan keuangan perusahaan, dan ukuran KAP mempengaruhi perusahaan-perusahaan tertentu di Indonesia untuk melakukan pergantian kantor akuntan publik. Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis. Data sekunder terdiri dari laporan-laporan keuangan dan pernyataan akuntan publik atas perusahaan-perusahaan tertentu yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2012 sampai 2014. Hasil penelitian ini adalah pergantian manajemen, kesulitan keuangan perusahaan, dan ukuran KAP mempengaruhi perusahaan berpindah kantor akuntan publik. Sementara itu, opini akuntan tidak mempengaruhi perusahaan untuk melakukan pergantian kantor akuntan publik. Kata kunci: Perusahaan go public, pergantian kantor akuntan publik, pergantian manajemen, opini akuntan, kesulitan keuangan perusahaan, ukuran KAP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 06 Apr 2016 15:52
    Last Modified: 06 Apr 2016 15:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24154

    Actions (login required)

    View Item