HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BAHASA FIGURATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI (Survei pada Siswa Kelas X SMA Negeri Se- Kota Madiun)

, SUMARYO (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN BAHASA FIGURATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI (Survei pada Siswa Kelas X SMA Negeri Se- Kota Madiun). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (564Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara: (1) pengetahuan bahasa figuratif dan kemampuan menulis puisi, (2) motivasi berprestasi dan kemampuan menulis puisi, dan (3) pengetahuan bahasa figuratif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kemampuan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kota Madiun, mulai Desember 2012 sampai dengan Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei korelasional. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas X SMA Negeri se-Kota Madiun; sedangkan sampel penelitian diitentukan sebesar 80 siswa yang diambil dengan cara simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis puisi, tes pengetahuan bahasa figuratif, dan angket motivasi berprestasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi dan korelasi (sederhana dan ganda). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara pengetahuan bahasa figuratif dan kemampuan menulis puisi (r= 0,80 dengan n= 80 taraf nyata 0,05, rt = 0,220, dan hasil txo=5,10> tty. 1=1,66); (2) ada hubungan positif antara motivasi berprestasi dan kemampuan menulis puisi (r = 0,82 dengan n =80 pada taraf nyata α = 0,05 rt = 0,220 dan hasil t=12,65>t=1,66); dan (3) ada hubungan positif antara pengetahuan bahasa figuratif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kemampuan menulis puisi (R ty.12=0,82 dengan n = 80 taraf nyata α = 0,05rt = 0,220 dan hasil F= 81,9>Ft=3,96). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa secara bersama- sama pengetahuan bahasa figuratif dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan yang berarti kepada kemampuan menulis puisi. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan menulis puisi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 06 Apr 2016 15:20
    Last Modified: 06 Apr 2016 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24149

    Actions (login required)

    View Item