PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI BOYOLALI

syah, muhammad. ihsan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI BOYOLALI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (731Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI BOYOLALI Mhd Ihsan Syahaf Nasution, Hermanu Joebagio, Leo Agung Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, FKIP UNS muhammadihsansyahaft@gmail.com Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Discovery Learning (DL) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar sejarah. (2) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar sejarah. (3). Untuk mengetahui apakah ada interaksi model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimental semu (Quasi Eksperimental Research) sedangkan target populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Multi Stage Cluster Random Sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Sosial SMAN 1 Boyolali sebagai kelas eksperimen1 dan peserta didik kelas XI Sosial SMAN 1 Teras sebagai kelas eksperimen2. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x2. Uji hipotesis menggunakan Anava dua jalan dengan signifikansi ɑ = 0,05. Hasil temuan penilitian diperoleh : (1) Prestasi belajar sejarah peserta didik pada model pembelajaran Discovery Learning (DL) lebih baik dari pada prestasi belajar sejarah peserta didik pada model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).(2) Prestasi belajar sejarah yang diperoleh peserta didik dengan minat belajar tinggi lebih baik dari pada prestasi belajar sejarah yang diperoleh peserta didik dengan minat belajar rendah. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL) memiliki prestasi sejarah yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah pada penerapan model pembelajaran Discovery Learning (DL) memiliki prestasi belajar sejarah yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Model Pembelajaran, Minat Belajar, Prestasi Belajar Sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 12:57
    Last Modified: 06 Apr 2016 12:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24141

    Actions (login required)

    View Item