Pengembangan Media Komik Sejarah Berbasis Perjuangan Raden Intan Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Nasionalisme Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raya

ISWANDOYO, BENY (2016) Pengembangan Media Komik Sejarah Berbasis Perjuangan Raden Intan Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Nasionalisme Siswa di SMA Negeri 1 Tanjung Raya. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (222Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Media pembelajaran mempunyai fungsi yang penting dalam sebuah proses belajar. Terlebih lagi pada mata pelajaran sejarah. Sebagai penyalur informasi media pembelajaran mampu membantu guru mengatasi masalah materi yang sulit dijelaskan secara verbal. Maka dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran sejarah yang dapat menambah variasi media serta menunjang kegiatan guru sejarah di dalam kelas. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa media grafis dalam bentuk buku komik. Buku komik sejarah ini berbasis perjuangan Raden Intan I untuk meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa. Tujuan penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tanjung Raya, (2) untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran komik sejarah berbasis perjuangan Raden Intan I di SMA Negeri 1 Tanjung Raya, (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik sejarah berbasis Perjuangan Raden Intan I dalam meningkatkan nilai-nilai nasionalisme siswa. Penelitian dan pengembangan (Research & Development) ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gorl serta Sugiyono. Model hepotetik yang digunakan mengadopsi model ADDIE dari Molenda. Tahapan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan, pengembangan media pembelajaran, dan uji efektivitas media pembelajaran. Analisis data kelayakan media menggunakan skala Likert dengan rentang 5 dan uji efektivitas media pembelajaran menggunakan uji T. Berdasarkan hasil uji T pree-tes dan post-tes tes prestasi kelas eksperimen diperoleh nilai 8,569 dengan signifikasnsi 0,000 > 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media yang dikembangkan. Uji T untuk tes sikap nilai-nilai nasionalisme diperoleh nilai 4,257 dengan taraf signifikansi 0,000 > 0,05 yang berarti rerata sebelum dan sesudah perlakuan kelas eksperimen tidak sama. Dengan demikian media pembelajaran komik sejarah berbasis perjuangan raden Intan I yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan nilai nasionalisme siswa. Media pembelajaran sejarah yang dikembangan efektif untuk meningkatkan prestasi dan nilai nasionalisme siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil yang menunjukan kelas eksperimen mempunyai nilai yang lebih baik dari pada kelas kontrol. Kata kunci : pengembangan media, media komik, nilai nasionalisme.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 11:44
    Last Modified: 06 Apr 2016 11:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24136

    Actions (login required)

    View Item