Model Media Pembelajaran Sejarah di SMA Berbasis Visualisasi Interaksi Sosial Masyarakat Zaman Kerajaan Sriwijaya untuk Meningkatkan Sikap Toleransi

SUSILO, AGUS (2016) Model Media Pembelajaran Sejarah di SMA Berbasis Visualisasi Interaksi Sosial Masyarakat Zaman Kerajaan Sriwijaya untuk Meningkatkan Sikap Toleransi. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (538Kb) | Preview

    Abstract

    MODEL MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA BERBASIS VISUALISASI INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT ZAMAN KERAJAAN SRIWIJAYA UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI ABSTRAK TESIS Disusun untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Magister Program Studi Pendidikan Sejarah Oleh AGUS SUSILO S861408003 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 ABSTRAK Agus Susilo. S861408003. 2016. Model Media Pembelajaran Sejarah di SMA Berbasis Visualisasi Interaksi Sosial Masyarakat Zaman Kerajaan Sriwijaya Untuk Meningkatkan Sikap Toleransi. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum., Pembimbing II: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif untuk memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah. Media pembelajaran yang dihasilkan adalah media pembelajaran sejarah berbasis visualisasi interaksi sosial masyarakat zaman Kerajaan Sriwijaya untuk meningkatkan sikap toleransi siswa di SMA Negeri 5 Surakarta dimana menggunakan media visualisasi interaksi sosial masyarakat zaman Kerajaan Sriwijaya. Jenis penelitian pengembangan ini adalah pengembangan media dengan ADDIE (Analysis, Design, Develompment, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Surakarta, sampel penelitian ditentukan di 3 kelas, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen, X IPS 2 sebagai kelas kontrol, dan kelas X IPS 3 sebagai kelas uji coba. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, pre-test angket sikap toleransi dan pre-test pre-test. Uji coba instrument angket dan tes prestasi meliputi validasi butir soal dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Jenis media pembelajaran Sejarah di SMA selama ini yang digunakan adalah jenis media power point, lembar kerja siswa dan buku paket, (2) Model media pembelajaran sejarah di SMA berbasis visualisasi interaksi sosial masyarakat zaman Kerajaan Sriwijaya dilakukan melalui tahapan ADDIE dan menghasilkan media visualisasi dengan bentuk video pembelajaran yang mengalami berkali-kali revisi dan telah tervalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta selanjutnya berhasil di ujicobakan dalam pembelajaran di kelas X IPS 3 SMA Negeri 5 Surakarta. (3) Uji efektivitas media pembelajaran Sejarah berbasis visualisasi interaksi sosial masyarakat zaman Kerajaan Sriwijaya dilakukan dengan membandingkan nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 5% dan diketahui bahwa dengan thit (3,76) > ttab (2,00) untuk sikap toleransi, maka keputusan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah di SMA berbasis visualisasi interaksi sosial masyarakat zaman Kerajaan Sriwijaya efektif untuk meningkatkan sikap toleransi. Kata Kunci : Model Media, Pembelajaran Sejarah Berbasis Visualisasi, Sikap Toleransi. ABSTRACT Agus Susilo. S861408003. 2016. Model of Learning History Media in Senior High School Based Visualization Interaction Social Society in Era Sriwijaya Kingdom To Improve Attitude Tolerance. Thesis. First Counselor: Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum., Second Counselor: Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Historical Education Study Program, Postgraduate Program of Surakarta Sebelas Maret University. This development research aims to produce effective learning media to meet the needs of teachers and students in teaching and learning in schools. The resulting learning media is media-based history teaching social interaction visualization era Sriwijaya Kingdom to improve the tolerance of students in SMAN 5 Surakarta where the use of social media interaction visualization era Sriwijaya Kingdom. In this development research, researchers were developed media visualization. This type of research is the development of media development with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The study population was class X IPS SMAN 5 Surakarta, the study sample is determined in three classes, X IPS 1 as a class experiment, X IPS 2 as the control class, and the class as a class X IPS 3 trials. Instrument used to collect data were observation, interviews, pre-test tolerance questionnaire and pre-test. Test instrument questionnaires and achievement tests include the validation of items and reliability. The results of research showed: (1) Type of instructional media history at the senior high school has been used is the type of media power point, student worksheets and textbooks, (2) Model medium of learning history in senior high school `based visualization of social interaction of society era of Sriwijaya done through the stages ADDIE and generate media visualization by video forms of learning that experienced numerous revisions and has been validated by an expert media and materials as well as further successfully tested in the classroom X IPS 3 SMAN 5 Surakarta. (3) Test the effectiveness of instructional media History based visualizationsocial interaction of era Sriwijaya Kingdom is done by comparing the value of posttest experimental class and control class with a significance level of 5% and it is known that with thit (3.76) ttab (2.00) for attitude tolerance, then the decision-Ho is rejected. It can be concluded that the medium of teaching history in senior high school based social interaction visualization of era Sriwijaya effective for increasing tolerance. Keywords: Model Media, Teaching History Based Visualization, tolerance attitude.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 06 Apr 2016 11:26
    Last Modified: 06 Apr 2016 11:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24128

    Actions (login required)

    View Item