PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

FITRIANI, Melani (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (292Kb) | Preview

    Abstract

    Melati Fitriani. K4311040. PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/1015. Skripsi. Surakarta: Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) yang meliputi empat aspek: 1) merumuskan masalah; 2) merumuskan hipotesis; 3) merencanakan percobaan; 4) menggunakan alat ukur, pada pokok bahasan Pencemaran Lingkungan melalui penerapan model Guided Inquiry Laboratory peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Target penelitian yaitu terjadi peningkatan sebesar 30% pada setiap aspek KPS yang diukur. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 40. Pengumpulan data menggunakan teknik non tes (observasi, wawancara dan dokumentasi) dan soal teknik tes berupa tes KPS. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan setiap aspek KPS pada Prasiklus, Siklus I dan Siklus II secara berurutan yaitu: 1) merumuskan masalah (15%; 54,25%; 89,75%); 2) merumuskan hipotesis (24%; 41%; 65,75%); 3) merencanakan percobaan (11,52%; 55,25%; 64,95%); 4) menggunakan alat ukur (24,5%; 57,76%; 92,29%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan keempat aspek KPS melalui penerapan model Guided Inquiry Laboratory pada peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: model guided inquiry laboratory, KPS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 05 Apr 2016 20:38
    Last Modified: 05 Apr 2016 20:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24124

    Actions (login required)

    View Item