PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (StudiEmpirisLaporanKeuangan Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2012 - 2014)

NUGROHO, ARI SETYO (2016) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (StudiEmpirisLaporanKeuangan Perusahaan Manufaktur di BEI tahun 2012 - 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (598Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance.Corporate governance diproksikan pada komite audit, kualitas audit, dan proporsi komisaris independen dan Pofitabilitas diukur dengan ROA.Sedangkan tax avoidance diukur dengan book tax difference. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui data-data dan laporan tahunan perusahaan yang diterbitkan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dilakukan melalui download laporan tahunan perusahaan di www.idx.co.id, Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Sampel penelitian ini menggunakan 56 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2012-2014.Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Model analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 20.00. Hasil pengujian H1 menunjukkan bahwa Komite Audit tidak berpengaruh signifikan terhadap Tax Avoidance.Hasil pengujian H2 menunjukkan bahwa Kualitas Audit positif signifikan terhadap tax avoidance.Hasil pengujian H3 menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen berpengaruh positif tidak signifikan terhadap tax avoidance.Hasil pengujian H4 menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tax avoidance. Kata Kunci : Corporate Governance, KomiteAudit, Kualitas Audit, Proporsi Komisaris, ROA, Tax Avoidance, Perusaaan Manufaktur, Indonesia.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 31 Mar 2016 19:41
    Last Modified: 31 Mar 2016 19:41
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24048

    Actions (login required)

    View Item