PENGARUH VIDEO MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDIDIKAN SEJARAH BERBASIS BENDA CAGAR BUDAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR

PRASETYA, ARIZONA AJI (2016) PENGARUH VIDEO MULTIMEDIA INTERAKTIF PENDIDIKAN SEJARAH BERBASIS BENDA CAGAR BUDAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (96Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan pengaruh model pembelajaran disertai video multimedia interaktif pendidikan sejarah berbasis benda cagar budaya dan power point terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, 2) perbedaan pengaruh gaya belajar (kinestetik, auditori, visual) terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, dan 3) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dilaksanakan di bulan juli 2014, dengan populasi penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Karanganyar dan tahun pelajaran 2014 yang terdiri dari 5 kelas dengan banyak siswa adalah 135 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran, variabel terikat adalah prestasi belajar siswa dan variable moderator adalah gaya belajar siswa. Validitas instrumen di uji dengan teknik korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Data penelitian untuk prestasi ranah kognitif diperoleh melalui tes yang dilaksanakan setelah pembelajaran, sedangkan data gaya belajar diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan teknik Anava dua jalan dengan rancangan penelitian menggunakan desain faktorial 2x3. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Prestasi belajar dengan model disertai video lebih menonjol daripada model konvensional, 2) Ada perbedaan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Pengaruh gaya belajar paling kuat terhadap prestasi belajar kognitif adalah gaya belajar visual baik pada kelas dengan model disertai video maupun konvensional, dan 3) Ada perbedaan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Interaksi yang terjadi adalah interaksi positif karena menunjukkan prestasi belajar kognitif yang lebih baik ketika model pembelajaran berinteraksi dengan gaya belajar.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 28 Mar 2016 15:10
    Last Modified: 28 Mar 2016 15:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24026

    Actions (login required)

    View Item