Penerapan Metode Quantum Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Kalijambe Kabupaten Sragen

ISMAWATI, ZULLY (2016) Penerapan Metode Quantum Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Kalijambe Kabupaten Sragen. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (137Kb) | Preview

    Abstract

    Zully Ismawati. S841402042. 2015. “Penerapan Metode Quantum Writing untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Kalijambe Kabupaten Sragen” Tesis (Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Edy Tri Sulistyo, M.Pd.). Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara, kemampuan menulis berita masih belum optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diterapkan metode quantum writing dengan langkah-langkah PAK! yang berarti pikirkan (P), atur (A), karang (K), dan tanda seru (!) yang berarti hebat. Penelitian bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis berita siswa kelas VIII C MTs Negeri Kalijambe Kabupaten Sragen, dan (2) meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII C MTs Negeri Kalijambe Kabupaten Sragen. Pengumpulan data penelitian tindakan ini melalui pengamatan dalam pembelajaran di kelas, wawancara atau diskusi, tes kemampuan menulis berita, kajian dokumen berupa RPP dan buku (materi pembelajaran). Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan review informan kunci. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriftif komparatif dan teknik analisis kritis. Tahapan dalam penelitian ini berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode quantum writing dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan menulis berita siswa. Kinerja guru pada pratindakan memperoleh nilai 44 dengan kategori kurang, sedangkan siklus I memperoleh nilai 56 dengan kategori cukup dan siklus II menjadi 70 dengan kategori sangat baik. Keaktifan siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 55,24, sedangkan siklus 1 sebesar 65 dan siklus II mencapai 83. Perhatian siswa dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 57,14 pada pratindakan, sedangkan pada siklus I sebesar 68 dan siklus II mencapai 86. Keterlaksanaan dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 54,29 pada pratindakan, sedangkan pada siklus I sebesar 69 dan siklus II mencapai 86. Peningkatan kemampuan menulis berita siswa pada pratindakan memperoleh nilai rata-rata sebesar 56,43 atau sebesar 33% berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,75 atau sebesar 60% berada pada kategori cukup dan siklus II mencapai 80,5 atau sebesar 85% berada pada kategori baik. Kata kunci: menulis berita, metode quantum writing, kualitas proses pembelajaran

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Mar 2016 17:14
    Last Modified: 27 Mar 2016 17:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/24004

    Actions (login required)

    View Item