Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Pemenuhan Hak-Hak Pekerja perempuan yang Bekerja Pada Malam Hari Di PT. Apac Inti Corpora Bawen Jawa Tengah (Studi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan)

HAPSAPUTRA, YOEPY (2016) Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Pemenuhan Hak-Hak Pekerja perempuan yang Bekerja Pada Malam Hari Di PT. Apac Inti Corpora Bawen Jawa Tengah (Studi Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (855Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan perlindungan hukum terhadap pemenuhan hak-hak pekerja perempuan yang bekerja pada malam hari di PT. Apac Inti Corpora berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan apa sajakah yang menjadi kendala dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pemenuhan hak-hak pekerja perempuan yang bekerja pada malam hari di PT. Apac Inti Corpora. Penelitian ini diambil dengan metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif. Dalam peneltian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, buku-buku maupun dokumen resmi lainnya serta teknik analisis bahan hukum secara analisis interaktif mulai dari mereduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan perlindungan hak-hak pekerja perempuan yang bekerja pada malam hari di PT. Apac Inti Corpora telah dilakukan berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Perjanjian Kerja Bersama antara PT. Apac Inti Corpora dengan Serikat Pekerja Nasional PT. Apac Inti Corpora telah mengatur mengenai larangan bekerja pada malam hari bagi pekerja perempuan hamil yang berdasarkan keterangan dokter berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kandungan dan dirinya, cuti haid, cuti bersalin, cuti gugur kandungan, serta fasilitas makanan dan minuman. Walaupun hasil penelitian ini memperlihatkan pelaksanaan perlindungan hak-hak pekerja perempuan yang bekerja pada malam hari sudah baik namun hasilnya masih kurang maksimal dikarenakan beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya jumlah fasilitas antar jemput yang disediakan oleh perusahaan dan hanya digunakan pada sebagian pekerja yang bertempat tinggal di daerah yang minim transportasi umum. Kata kunci : Perlindungan Hak-Hak Pekerja Perempuan, Pekerja Perempuan Yang Bekerja Pada Malam Hari, Perjanjian Kerja Bersama

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Mar 2016 16:53
    Last Modified: 27 Mar 2016 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23997

    Actions (login required)

    View Item