Pengembangan Media Audio Visual Situs Sejarah Kerajaan Galuh Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa di SMK Tarunan Bangsa

WIJAYANTI, YENI (2016) Pengembangan Media Audio Visual Situs Sejarah Kerajaan Galuh Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa di SMK Tarunan Bangsa. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (24Kb) | Preview

    Abstract

    Yeni Wijayanti. NIM: S861308027. 2015. Pengembangan Media Audio Visual Situs Sejarah Kerajaan Galuh Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd., (II) Prof. Dr. Herman J Waluyo, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Penggunaan media pembelajaran sejarah di SMK Taruna Bangsa Ciamis yang berlangsung selama ini? (2) Mengembangkan media audio visual situs sejarah Kerajaan Galuh, (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual situs sejarah Kerajaan Galuh dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa di SMK Taruna Bangsa Ciamis serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Pendekatan penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rerata (mean) uji kompetensi pre test 42 dan post test pada kelas eksperimen 81,33 berarti ada peningkatan rata-rata skor sebanyak 39,33 dan berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai sig 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai prestasi siswa antara sebelum diberi media dengan setelah diberi media atau H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh thit = 5,804 dibandingkan pada t tab 2,015 (taraf signifikansi 5%), sehingga dapat dikatakan bahwa t hit > t tabel atau 5,804 > 2,015. Dari hasil nilai rerata dan uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok yang menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai prestasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan media audio visual. Sedangkan berdasarkan uji t pada angket untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kesadaran sejarah diperoleh hasil thit = 5,210. Ini lebih besar dibandingkan pada ttab 2,015 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa t hit > t tabel. Maka dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi keefektifan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual untuk meningkatkan kesadaran sejarah. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual efektif dalam meningkatkan prestasi belajar, di mana subjek telah mencapai batas minimun dari skor ketuntasan belajar dan meningkatnya skala sikap dari subjek yang diteliti. Sistem Upload Eprints Logout Detail NIM : s861308027 Nama Lengkap : YENI WIJAYANTI Fakultas : Program Pascasarjana Jurusan : Pendidikan Sejarah Tahun Lulus : 2015 Judul Penelitian : PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SITUS SEJARAH KERAJAAN GALUH DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA DI SMK TARUNA BANGSA CIAMIS Jenis Dokumen : Thesis Subyek Penelitian : siswa SMK Taruna Bangsa Ciamis Abstrak : Yeni Wijayanti. NIM: S861308027. 2015. Pengembangan Media Audio Visual Situs Sejarah Kerajaan Galuh Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa Di SMK Taruna Bangsa Ciamis. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd., (II) Prof. Dr. Herman J Waluyo, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Penggunaan media pembelajaran sejarah di SMK Taruna Bangsa Ciamis yang berlangsung selama ini? (2) Mengembangkan media audio visual situs sejarah Kerajaan Galuh, (3) Mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan media audio visual situs sejarah Kerajaan Galuh dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa di SMK Taruna Bangsa Ciamis serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah. Pendekatan penelitian ini mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rerata (mean) uji kompetensi pre test 42 dan post test pada kelas eksperimen 81,33 berarti ada peningkatan rata-rata skor sebanyak 39,33 dan berdasarkan uji t diketahui bahwa nilai sig 0,000 yang berarti kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari nilai prestasi siswa antara sebelum diberi media dengan setelah diberi media atau H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh thit = 5,804 dibandingkan pada t tab 2,015 (taraf signifikansi 5%), sehingga dapat dikatakan bahwa t hit > t tabel atau 5,804 > 2,015. Dari hasil nilai rerata dan uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok yang menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan mempunyai prestasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan media audio visual. Sedangkan berdasarkan uji t pada angket untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kesadaran sejarah diperoleh hasil thit = 5,210. Ini lebih besar dibandingkan pada ttab 2,015 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat dikatakan bahwa t hit > t tabel. Maka dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa terjadi keefektifan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual untuk meningkatkan kesadaran sejarah. Maka dapat disimpulkan bahwa media audio visual efektif dalam meningkatkan prestasi belajar, di mana subjek telah mencapai batas minimun dari skor ketuntasan belajar dan meningkatnya skala sikap dari subjek yang diteliti.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 27 Mar 2016 16:42
    Last Modified: 27 Mar 2016 16:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23994

    Actions (login required)

    View Item