HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELWJWR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO

F, MUHAMAD YANU (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELWJWR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (365Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK MUH YANU F. K4410036. HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TENTANG MATA PELAJARAN SEJARAH DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Skipsi.Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juli 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Banyudono. 2) Untuk mengetahui hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar sejarah kelas X SMA Negeri 1 Banyudono. 3) Untuk mengetahui hubungan antara persepsi tentang mata pelajaran sejarah dan minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhkelasX SMA Negri 1 Banyudono.Sampel diambil sebanyak 48 siswadengan teknikProportionalrandom sampling.Data yang diperlukandiperolehmelaluiangketdantes.Angketsebelumnyadiujicobakandandiujivaliditassertadiujireliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: hasilbelajarsejarah. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linier sebagai berikut Y = -21,106+ 0,548X1 + 0,494X2, Persamaan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar sejarahdipengaruhi oleh persepsitentang mata pelajaran sejarah danminat belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Persepsitentangmata pelajaran sejarahberpengaruhpositifterhadaphasilbelajarsejarahsiswakelasX SMA Negeri 1 Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, 2,264>2,021dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,028 dengan sumbangan relatif sebesar 59,98% dan sumbangan efektif 35,08%. 2) MinatbelajarberpengaruhpositifterhadaphasilbelajarsejarahsiswakelasX SMA Negeri 1 Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung> ttabel, yaitu 2,752>2,021dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009 dengan sumbangan relatif sebesar 68,67%dan sumbangan efektif 40,17%. 3) Persepsitentangmata pelajaran sejarahdanminatbelajarsecarabersama-samaberpengaruhpositifhasilbelajarsejarahsiswakelasX SMA Negeri 1 Banyudono dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung> Ftabel, yaitu 11,694>3,230dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4)Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,585menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsitentangmata pelajaran sejarah danminatbelajar terhadap hasilbelajarsejarahsiswakelas X SMA Negeri 1 Banyudono adalah sebesar 58,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Keyword: Persepsi tentang mata pelajaran sejarah, minat belajar, hasil belajar ABSTRACT MUH YANU F. 2015 . THE RELATIONSHIP BETWEEN THE PERCEPTION OF HISTORICAL SUBJECTS AND INTEREST IN LEARNING THE LEARNING OUTCOME IN THE X GRADE OF SMAN 1 BANYUDONO. Script. Surakarta: Teacher Training and Education. Sebelas Maret University Surakarta, Juli 2015. The objectives of research were: (1) to find out the relationship between the perception of historical subjects and the historical learning outcome in the X Grade of SMAN 1 Banyudono, 2) to find out the relationship between the interest in learning, and the historical learning outcome in the X Grade of SMAN 1 Banyudono, and 3) to find out the relationship between the perception of historical subjects and interest on learning, and the historical learning outcome in the X Grade of SMAN 1 Banyudono. This study was a descriptive quantitative research using statistical analysis to draw a conclusion. The population of research was all of X grades in SMAN 1 Banyudono. The sample consisted of 48 students taken using proportional random sampling technique. The data needed was

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2016 15:20
    Last Modified: 24 Mar 2016 15:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23985

    Actions (login required)

    View Item