PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMOTIF 9 SMK BHINNEKA KARYA SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015.

P, MARIANUS DEBY (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMOTIF 9 SMK BHINNEKA KARYA SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (378Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Marianus Deby Pradewa. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN PERBAIKAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTOMOTIF 9 SMK BHINNEKA KARYA SIMO BOYOLALI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Perbaikan Kelistrikan pada siswa kelas XI Otomotif 9 SMK Bhinneka Karya Simo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Bhinneka karya Simo yang terdiri dari 34 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data ditinjau dari hasil belajar siswa, yang ditinjau dari aspek kognitif dan psikomtorik siswa pada saat diterapkannya model pembelajaran kognitif tipe Team Quiz. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan metode Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus (siklus I meningkat 3% dan siklus II juga meningkat 4%). Tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu siswa yang mendapat nilai di atas atau sama dengan 75 lebih besar dari 70%, pada penelitian ini ketuntasan belajar siswa mencapai 72%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team quiz meningkat dalam pembelajaran Perbaikan Kelistrikan kendaraan Ringan siswa kelas XI Otomotif 9 SMK Bhinneka Karya Simo. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif, Metode Team Quiz, Hasil Belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 24 Mar 2016 14:56
    Last Modified: 24 Mar 2016 14:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23983

    Actions (login required)

    View Item