PENGARUH ATMOSFER TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN LAS TITIK (RESISTANCE SPOT WELDING) LOGAM TAK SEJENIS ANTARA JINDAL STAINLESS STEEL TYPE JSL AUS (J1) DAN MILD STEEL SS400

WIBOWO, UNGGUL SIGIT (2016) PENGARUH ATMOSFER TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN LAS TITIK (RESISTANCE SPOT WELDING) LOGAM TAK SEJENIS ANTARA JINDAL STAINLESS STEEL TYPE JSL AUS (J1) DAN MILD STEEL SS400. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (922Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan gas pelindung dalam proses resistance spot welding (RSW) dapat meningkatkan mutu dan kualitas hasil pengelasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atmosfer terhadap sifat mekanik dan ketahanan korosi sambungan logam las tak sejenis antara JSL AUS (J1) dan SS400. Pengelasan dilakukan pada atmosfer udara terbuka, argon dan nitrogen. Parameter pengelasan yang digunakan yaitu tegangan 2.02 V, 2.30 V dan 2.67 V dengan waktu pengelasan konstan yaitu 5 s. Pengujian yang dilakukan adalah pengamatan struktur makro dan mikro, uji tarik-geser, dan uji potensiodinamik polarization. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tegangan listrik kekuatan tarik-gesernya juga semakin tinggi, hal ini dikarenakan meningkatnya ukuran diameter nugget. Penggunaan gas pelindung baik argon maupun nitrogen dapat meningkatkan kekuatan tarik-gesernya dengan mode kerusakan berupa interface. Namun untuk pengelasan dengan tegangan 2.67 V, kekuatan tarik-geser tanpa gas pelindung lebih tinggi daripada kekuatan tarik-geser menggunakan gas pelindung dengan mode kerusakan berupa pull out. Hasil pengujian korosi menunjukan bahwa pengelasan pada tegangan 2.02 V dengan atmosfer argon menghasilkan laju korosi yang paling rendah yaitu 0.000931 mmpy diikuti dengan nitrogen 0.001241 mmpy dan pada atmosfer terbuka 0.06838 mmpy.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Mar 2016 19:48
    Last Modified: 22 Mar 2016 19:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23974

    Actions (login required)

    View Item