PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA DALAM PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT DI SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

FATIMAH, SITI (2016) PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA DALAM PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT DI SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (122Kb) | Preview

    Abstract

    SITI FATIMAH, E0011299, 2015, PERAN BADAN LINGKUNGAN HIDUP KOTA SURAKARTA DALAM PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PENGELOLAAN LIMBAH RUMAH SAKIT DI SURAKARTA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengawasan dan pembinaan Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta (BLH Kota Surakarta) dalam pengelolaan limbah rumah sakit di Surakarta yang ditinjau dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan untuk mengetahui dan menganalisis hambatan apa saja yang dialami oleh BLH Kota Surakarta dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pengelolaan limbah rumah sakit di Surakarta dan apa saja solusinya. Penelitian ini diambil dengan metode penelitian hukum yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif dan analisis. Dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dan sumber data penelitian menggunakan data primer dengan melalui wawancara dan data sekunder berupa buku-buku, perundang-undangan, dokumen-dokumen resmi dan hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasinya. Simpulan dari penelitian ini pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh BLH Kota Surakarta sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yakni membuat kebijakan, yang kebijakan tersebut terdapat penjabaran tugas pokok dan fungsi yang tercantum dalam Peraturan Walikota Surakarta Nomor 29 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta. Selain itu BLH Kota Surakarta juga berdasar pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. Hasil dari program tersebut berupa Taat dan Belum taat. Sedangkan hasil pengawasan dan pembinaan BLH Kota Surakarta berupa Belum Taat. Kendala yang dihadapi oleh BLH Kota Surakarta dalam pengawasan dan pembinaan yaitu masalah prosedural dari pihak rumah sakit, kurangnya personil dan juga tidak memiliki laboratirum yang mendukung kegiatan. Kata kunci : pengawasan dan pembinaan, Badan Lingkungan Hidup Kota Surakarta, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Mar 2016 19:22
    Last Modified: 22 Mar 2016 19:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23970

    Actions (login required)

    View Item