Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab Pada Peserta Didik Kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta

H, SIN SYIN LULU (2016) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Bounded Inquiry Lab Pada Peserta Didik Kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (824Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sin Syin Lu’Lu’ Handayani. K4311067. PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PENERAPAN MODEL BOUNDED INQUIRY LAB PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember, 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang meliputi empat aspek: 1) merumuskan masalah; 2) merumuskan hipotesis; 3) merencanakan percobaan; 4) menerapkan konsep, pada pokok bahasan Sistem Indera melalui penerapan model bounded inquiry lab peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Target penelitian tercapai yaitu terjadi peningkatan sebesar 20% pada setiap aspek keterampilan proses sains. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 3 SMA AL Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 35. Pengumpulan data menggunakan: 1) teknik non tes (observasi, wawancara dan dokumentasi); 2) teknik tes berupa tes keterampilan proses sains. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan setiap aspek keterampilan proses sains pada Pratindakan , Siklus I dan Siklus II secara berurutan yaitu: 1) merumuskan masalah (39,46%; 50%; 82,35%); 2) merumuskan hipotesis (34,05%; 49,12%; 81,48%); 3) merencanakan percobaan (20,54%; 40,59%; 71,37%); 4) menerapkan konsep (36,76%; 38%; 64,75%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains pada pembelajaran Biologi melalui penerapan model bounded inquiry lab peserta didik kelas XI MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: model bounded inquiry lab, keterampilan proses sains

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Mar 2016 19:14
    Last Modified: 22 Mar 2016 19:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23969

    Actions (login required)

    View Item