PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1

U, SHINTA FADLILAH (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS 1. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (391Kb) | Preview

    Abstract

    Shinta Fadlilah Umury. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADAMATA PELAJARAN EKONOMIKELAS XI IPS 1. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas XI IPS 1 MAN Karanganyar 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan hipotesis telah diterima. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik Kelas XI IPS di MAN Karangayar Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa keaktifan peserta didik yang dSHINTA FADLILAHitinjau dari indikator keaktifan meningkat (presentase pra siklus 30,02%, siklus I 75,23% dan siklus II 84,37%). Selain itu, hasil belajar peserta didik juga meningat (presentase pra siklus 33% , siklus I 75% dan siklus II 81%) Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi Ekonomi kelas XI IPS 1 MAN Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 22 Mar 2016 19:07
    Last Modified: 22 Mar 2016 19:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23968

    Actions (login required)

    View Item