HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA (STUDI PADA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA BAKTI PURBALINGGA, JAWA TENGAH)

HARDINING, DENOK TRI (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA (STUDI PADA SISWA KELAS XI DI SMK KARYA BAKTI PURBALINGGA, JAWA TENGAH). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Denok Tri Hardiningsih, R1113016, 2015. Hubungan antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Konsep Diri pada Remaja di SMK Karya Bakti Purbalingga, Diploma IV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Latar Belakang: Keluarga mempunyai peranan dalam proses sosialisasi anak, karena keluarga merupakan tempat awal kontak anak dalam anggota keluarga (ayah dan ibu) pada tahun-tahun pertama kehidupan anak. Fungsi keluarga sangat penting di antaranya sebagai wadah sosialisasi bagi anak-anak. Tiap orang tua mempunyai gaya pengasuhan yang berbeda satu dengan yang lain. Gaya pengasuhan akan berpengaruh pada perkembangan sosial dan kepribadian anak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua dengan Konsep Diri pada Remaja di SMK Karya Bakti Purbalingga. Metode: Penelitian menggunakan desain observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis proposional random sampling, jumlah sampel 80 siswa kelas XI yang memenuhi kriteria inklusi. Instrumentasi penelitian menggunakan kuesioner. Cara pengumpulan data dengan mengambil data secara langsung dari responden. Analisis data menggunakan uji statistik Spearman Rank (Rho) dengan program SPSS versi 17.0 for Windows. Hasil: Responden di SMK Karya Bakti Purbalingga mempunyai pola asuh demokratis cukup sebanyak yaitu 69 responden (86.2%) dan mempunyai konsep diri yang sedang sebanyak 70 responden (87,5%). Diperoleh nilai significancy (p) = 0.009 (p < 0.05) yang terdapat nilai korelasi spearman (r) sebesar 0.289 menunjukkan arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi sedang. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif antara pola asuh demokratis orang tua dengan konsep diri remaja Kata kunci : Pola asuh demokratis orang tua, konsep diri, remaja

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D3 - Kebidanan
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 12:33
    Last Modified: 17 Mar 2016 12:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23944

    Actions (login required)

    View Item