Perancangan Komunikasi Visual Iklan Keripi Ketela Wahdani di Tawangmangu

HANANTO, ANANG (2016) Perancangan Komunikasi Visual Iklan Keripi Ketela Wahdani di Tawangmangu. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (274Kb) | Preview

    Abstract

    Dalam kehidupan ini kita tidak lepas dari yang namanya makanan ringan. Kita bisa bersantai dan berkumpul bersama keluarga di teras rumah sambil menikmati makanan ringan dan minum teh. Maka untuk memenuhi kebutuhan itu manusia mencoba untuk menciptakan bervariasi menu makanan ringan yang menarik. Sehingga industri makanan ringan mempunyai peran besar terhadap masyarakat khususnya di dalam industri kecil yang memiliki banyak kebutuhan untuk mengembangkan usaha mereka. Sehingga sekarang mulai bermunculan home industri yang melirik usaha pembuatan makanan ringan, salah satunya industri Keripik Ketela. Industri Keripik Ketela harus bersaing ketat, dengan menciptakan keunikan rasa dan varian bentuk yang membedakan dengan produk sejenis dari pesaingnya dan pemasaran yang baik akan memberi dampak kemajuan industri tersebut. Desa Tawangmangu terletak di kaki Gunung Lawu dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Nama Tawangmangu sendiri merupakan padanan kata yang memiliki arti tempat yang nyaman di ketinggian. Sejak masa kolonial Belanda Desa Tawangmangu terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah, ada sekitar 250 hektare lahan ketela yang tersebar. (www.karanganyarkab.go.id) Salah satu komoditi yang menjadi primadona di Desa Tawangmangu selama ini adalah ketela. Ketela merupakan produk pertanian yang tepat untuk dikembangkan di Tawangmangu karena tidak memerlukan banyak perawatan sehingga hanya membutuhkan biaya produksi yang kecil. (www.karanganyarkab.go.id) Hasil panen Ketela sendiri kebanyakan dijadikan untuk bahan dasar pembuatan keripik, dan biasanya untuk oleh – oleh khas dataran tinggi di Tawangmangu. Oleh karena itu banyak industri keripik yang mengunakan bahan dasar ketela, tetapi mereka kurang menguasai pemasaran sehingga mereka sulit untuk berkembang dalam mengembangkan usaha yang mereka geluti. Industri kripik ketela Wahdani di Tawangmangu adalah UKM yang berinovatif, inovasi dan memiliki misi yang akan memajukan perindustrian UKM di Tawangmangu serta memiliki keunikan rasa yang membedakan dengan produk sejenis dari pesaing baru. “Wahdani” adalah satu dari banyak industri UKM yang bergerak di bidang makanan ringan dengan bahan pokok ketela di Tawangmangu. Ketela tersebut akan dijadikan keripik atau makanan ringan bagi konsumen yang menyukai makanan berbahan dasar ketela. Wahdani mengolah keripik ketela dengan berbagai macam varian rasa, diantaranya adalah asin, pedas, balado dan manis sebagai andalan utama dan berbagai macam varian bentuk diantaranya bulat, persegi panjang dan setengah lingkaran. Keripik ketela Wahdani belum banyak melakukan promosi untuk pemasaranya di Indonesia. Maka dari itu penulis mencoba merancang komunikasi visual iklan sebagai bagian dari kegiatan promosinya dengan mengambil judul karya Tugas Akhir “Perancangan Komunikasi Visual Iklan Keripik Ketela Wahdani Di Tawangmangu”.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Desain Komunikasi Visual
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 11:54
    Last Modified: 17 Mar 2016 11:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23940

    Actions (login required)

    View Item