Analisis Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum 2013, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Negeri 6 Surakarta

, ALVIYANA (2016) Analisis Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum 2013, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pemasaran Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Negeri 6 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (107Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alviyana. ANALISIS EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013, MINAT BELAJAR, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PEMASARAN PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui efektivitas pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XI Pemasaran. (2) Mengetahui minat belajar siswa di kelas XI Pemasaran pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. (3) Mengetahui prestasi belajar siswa di kelas XI Pemasaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran SMK Negeri 6 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Try out dilakukan pada 30 responden di luar sampel yang berasal dari kelas XI MM2. Hasil try out pada angket kegiatan pembelajaran adalah 11 dari 11 soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Hasil try out pada angket minat belajar adalah 36 soal valid dari 40 soal dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perbandingan rata-rata uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di kelas XI Pemasaran sudah efektif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel; 4,610 > 1,99174. (2) Minat belajar siswa kelas XI Pemasaran pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 kurang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung < ttabel; 0,306 < 1,99174. (3) Prestasi belajar siswa kelas XI Pemasaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sudah maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel; 7,239 > 1,99174. Kata kunci: pelaksanaan Kurikulum 2013, minat belajar, prestasi belajar ABSTRACT Alviyana. ANALYSIS OF EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING KURIKULUM 2013, LEARNING INTEREST, AND LEARNING ACHIEVEMENT IN GRADE XI MARKETING ON CRAFT AND ENTREPRENEURSHIP SUBJECT IN SMK NEGERI 6 SURAKARTA. Thesis, Teacher Training and Education Faculty Sebelas Maret University Surakarta. October 2015. The objectives of this study were to (1) determine effectiveness of implementing Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject in grade XI Marketing. (2) Determine student’s learning interest in grade XI Marketing on Craft and Entrepreneurship subject in implementing of Kurikulum 2013. (3) Determine student’s learning achievement in grade XI Marketing in implementing of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject. This research is a descriptive study with quantitative approach. The population and sample in this research was student of grade XI Marketing SMK Negeri 6 Surakarta. The sampling technique used is population sampling. Try out done to 30 respondents out of samples derived from grade XI MM2. The result of the try out of learning activities’s questionnaire was 11 of 11 questions are stated valid with very high reliability value. The result of learning interest’s questionnaire was 36 of 40 questions are stated valid with very high reliability value. Data collection technique used is questionnaire. Analyse technique of data used is compare means technique t test. Based on the result of the study can be concluded that (1) implementation of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject in grade XI Marketing was effective. This is indicated by the tcount > ttable; 4,610 > 1,99174 (2) Student’s learning interest in grade XI Marketing on Craft and Entrepreneurship less than maximum. This is indicated by the tcount < ttable; 0,306 < 1,99174 (3) Student’s learning achievement in grade XI Marketing in implementing of Kurikulum 2013 on Craft and Entrepreneurship subject has a maximum. This is indicated by the tcount > ttable; 7,239 > 1,99174. Keyword: implementing of Kurikulum 2013, learning interest, learning achievement

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 11:33
    Last Modified: 17 Mar 2016 11:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23939

    Actions (login required)

    View Item