AKTUALISASI DIRI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN SECURE ATTACHMENT DENGAN ORANG TUA PADA REMAJA AKHIR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR KOTA MADIUN

B, BELLATRIX PUTRI (2016) AKTUALISASI DIRI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN SECURE ATTACHMENT DENGAN ORANG TUA PADA REMAJA AKHIR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR KOTA MADIUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (695Kb) | Preview

    Abstract

    AKTUALISASI DIRI DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN SECURE ATTACHMENT DENGAN ORANG TUA PADA REMAJA AKHIR DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR KOTA MADIUN Bellatrix Putri Bahari Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta ABSTRAK Aktualisasi diri adalah pengembangan diri dengan memanfaatkan dan menggunakan potensi diri secara maksimal. Remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar diindikasikan memiliki dorongan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan yang mereka miliki. Individu dengan keyakinan diri yang tinggi dan berada di lingkungan dimana orang tuanya mengembangkan secure attachment dengan memberikan dukungan, rasa aman, kasih sayang, serta penghargaan kepada anak, lebih berpeluang untuk memanfaatkan potensi diri untuk mencapai aktualisasi dirinya. Dengan demikian, efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dapat dipertimbangkan sebagai prediktor untuk aktualisasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri, hubungan antara efikasi diri dengan aktualisasi diri, dan hubungan antara secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri pada remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar. Populasi penelitian ini adalah remaja akhir yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbingan Belajar Kota Madiun, dengan menggunakan dua Lembaga Bimbingan Belajar sebagai tempat penelitian. Sampling yang digunakan adalah disproportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebesar 147 orang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi ganda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala aktualisasi diri, efikasi diri, dan secure attachment dengan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tterdapat hubungan yang sedang antara efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri (R = 0,591; p ˂ 0,05). Kedua, secara parsial terdapat hubungan yang sedang antara efikasi diri dengan aktualisasi diri (r = 0,462; p ˂ 0,05). Ketiga, secara parsial terdapat hubungan yang rendah antara secure attachment dengan orang tua dengan aktualisasi diri (r = 0,274; p ˂ 0,05). Besar sumbangan efikasi diri dan secure attachment dengan orang tua terhadap aktualisasi diri sebesar 35%. Besar sumbangan efektif efikasi diri terhadap aktualisasi diri sebesar 22,7% dan secure attachment dengan orang tua terhadap aktualisasi diri sebesar 12,3%. Kata kunci: aktualisasi diri, efikasi diri, secure attachment dengan orang tua, remaja akhir, lembaga bimbingan belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 10:59
    Last Modified: 17 Mar 2016 10:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23935

    Actions (login required)

    View Item