Implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah Terkait Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kota Surakarta (Studi Kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta)

SURGANA, AQSHA (2016) Implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah Terkait Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kota Surakarta (Studi Kasus di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (742Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah terkait pengaturan tempat rekreasi dan olahraga di Kota Surakarta dan kendala dalam implementasi Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah terkait pengaturan tempat rekreasi dan olahraga di Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dengan mengambil lokasi penelitian di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Penelitian dilakukan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah terkait pengaturan tempat rekreasi dan olahraga di Kota Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dan studi kepustakaan guna mendapatkan data primer dan sekunder. Analisis datanya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini dapat disajikan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah terkait tempat Rekreasi dan Olahraga sudah berjalan dengan baik. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta pada tahun 2014 sudah menunjukkan pencapaian target terealisasi meskipun pada tiga tahun sebelumnya target tersebut tidak terealisasi. Peningkatan realisasi tersebut selaras dengan Pembenahan Objek Retribusi untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi. Selain hal tersebut, terdapat dua hambatan terkait pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Daerah terkait tempat Rekreasi dan Olahraga. Pertama, hambatan internal yaitu belum konsistennya para penegak hukum administrasi pemerintah daerah dalam memberikan sanksi terhadap subjek hukum yang melalaikan kewajiban wajib membayar retribusi daerah dan kurangnya informasi dan sosialisasi dari pemerintah daerah terhadap dinamika kebijakan retribusi daerah. Kedua, hambatan eksternal yaitu target dari Dewan Perwakilan Daerah Kota Surakarta yang memberikan target pemasukan retribusi yang tinggi padahal pemasukan dari retribusi tidak sebanyak dan faktor cuaca juga dapat menjadi salah satu faktor penghambat, misalnya pada saat cuaca hujan pemasu kan retribusi dari sektor pendapatan karcis retribusi masuk objek retribusi dapat berkurang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 09:22
    Last Modified: 17 Mar 2016 09:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23931

    Actions (login required)

    View Item