SELF MONITORING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMKN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SEPTYARI, ALAMANDA (2016) SELF MONITORING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMKN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (531Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Alamanda Septyari. SELF MONITORING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X SMKN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 . Skripsi, , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji keefektifan self monitoring untuk meningkatkan interaksi sosial dengan teman sebaya pada siswa kelas X SMKN 1 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksprimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas X yang memiliki interaksi sosial rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket interaksi sosial. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Wilcoxon Match Pair Test dan Mann Whitney U – Test melalui IBM SPSS statistic 20. Berdasarkan pengujian skor posttest dengan menggunakan uji U Mann-Whitney antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan nilai Z sebesar -3,604 , asymp.sig sebesar 0,000 dan exacy sig sebesar 0,000. Dari data diatas diketahui bahwa nilai Asymp Sig lebih kecil dari 0,05 diartikan bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam pelaksanaan posttest. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan dengan uji Wilcoxon yang menghasilkan Z hitung sebesar -2, 677 dan Asymp Sig sebesar 0,007. Dari data diatas diketahui bahwa nilai Asymp Sig lebih kecil dari 0,05 sehingga diartikan ada perbedaan nilai pretest dan nilai posttest kelompok eksperimen. Perbedaan tersebut disebabkan adanya pemberian treatment self monitoring terhadap kelompok eksperiman. Kesimpulan penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa self monitoring efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dengan teman sebaya pada siswa kelas X SMKN 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Self Monitoring, Interaksi Sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 17 Mar 2016 09:06
    Last Modified: 17 Mar 2016 09:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23928

    Actions (login required)

    View Item