penerapan asas-asas hak tanggungan dalam pelaksanaan perjanjian kredit pemilikan rumah menurut undang-undang nomor 4 tahun 1996 tentang hak tanggungan di PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Surakarta

ISTRIANTY, ANNISA (2016) penerapan asas-asas hak tanggungan dalam pelaksanaan perjanjian kredit pemilikan rumah menurut undang-undang nomor 4 tahun 1996 tentang hak tanggungan di PT.Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (1960Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Annisa Istrianty, E0011026. 2015. PENERAPAN ASAS-ASAS HAK TANGGUNGAN DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1996 TENTANG HAK TANGGUNGAN STUDI DI PT.BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) Tbk. CABANG SURAKARTA. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan asas-asas hak tanggungan dalam pelaksanaan perjanjian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Surakarta sudah atau tidak sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan. Penelitian ini merupakan jenis penulisan hukum (skripsi) empiris dengan pendekatan kualitatif yaitu mengupulkan data studi lapangan dan menganalisis data tersebut menggunakan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan.Studi lapangan dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepusatakan melalui bahan dokumen, Peraturan perundang-undangan, laporan arsip, literature mengenai perjanjian, jaminan, kredit, kredit pemilikan rumah dan perbankan. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dihasilkan simpulan, bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Surakarta dalam penerapan asas-asas hak tanggungan pada pelaksanaan perjanjian kredit pemilikan rumah sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan. Penerapan asas tersebut diantaranya asas publisitas, asas spesialitas, asas tidak dapat dibagi-bagi, asas dapat menjamin lebih dari satu utang sudah tercantum di dalam perjanjian kredit pemilikan rumah. Pada prakteknya masih saja terdapat masalah karena beberapa factor salah satunya yaitu kredit macet, adapun upaya yang dilakukan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Surakarta dengan penyelesaian melalui alternative penyelesaian sengketa, restrukturisasi kredit, menerbitkan teguran/ somasi, eksekusi jaminan, gugatan ke pengadilan negeri dan pengadilan niaga, penyelesaian melalui penagihan utang. Kata Kunci :Asas Hak Tanggungan, Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 17 Mar 2016 08:23
    Last Modified: 17 Mar 2016 08:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23923

    Actions (login required)

    View Item