MEDIA HABIT PENDENGAR RADIO KATEGORI REMAJA USIA 14-19 TAHUN DI KOTA SOLO TAHUN 2015

NEGARA, PHULIA WIDYA (2016) MEDIA HABIT PENDENGAR RADIO KATEGORI REMAJA USIA 14-19 TAHUN DI KOTA SOLO TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (584Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Phulia Widya Negara. 2015. D 0211077. MEDIA HABIT PENDENGAR RADIO KATEGORI REMAJA USIA 14-19 TAHUN DI KOTA SOLO TAHUN 2015. Dewasa kini eksistensi radio telah tergantikan oleh media lain seperti televisi dan media baru lainnya seperti internet, dan sosial media. Namun radio masih menarik untuk diteliti. Hal menarik lain yang menjadikan penelitian penting adalah radio masih memiliki tempat bagi pendengarnya di tengah kemajuan jaman yang sangat ketat, dimana teknologi berkembang sangat cepat demi persaingan antar teknologi. Melihat potensi anak remaja masa kini dimana mereka dijuluku generasi N yang artinya generasi yang tidak bisa lepas dari teknologi, dan penelitian ini berusaha mendeskripsikan kebiasaan remaja di kota Solo dalam menggunakan media khususnya media radio. bagaimana mereka menggunakan media khususnya radio, dimana dan radio apa yang mereka dengarkan. Penelitian ini juga berusaha mendeskripsikan mengenai interaksi pendengar kepada radio yang didengarkannya dan pekerjaan lain apa yang sedang remaja kerjakan ketika mendengarkan radio. Penelitian ini mengkolaborasikan 3 model yaitu model media use W. Rubin & Windahl, determinasi teknologi milik McLuhan untuk menjelaskan penggunaan media kalangan remaja usia 14-19 tahun di Kota Solo, sedangkan model penggunaan & ketergantungan Melvin DeFleur dan Sandra Ball-Rokeach digunakan untuk menjelaskan alasan dibalik penggunaan media. Partisipan dalam penelitian ini merupakan responden remaja yang berusia 14-19 tahun di Kota Solo. Teknik sampling dilakukan menggunakan snow ball sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan journal diary yang merupakan kembangan dari Audience Research, BBC World Service, Graham Mytton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dikalangan remaja Kota Solo radio berada di urutan ketiga setelah televisi dan sosial media. Kebanyakan remaja Kota Solo mendengarkan radio di rumah saat santai seperti jam 11 siang, jam 3 sore dan jam 6 sore. Remaja Kota Solo lebih menyukai acara relay dari Jakarta seperti Desta & Gina In The Morning dan The Dandees di radio Prambors sedangkan konten yang paling banyak didengarkan adalah musik TOP 40. Kata Kunci: Media Habit, Remaja, Pendengar Radio.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 21:03
    Last Modified: 16 Mar 2016 21:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23922

    Actions (login required)

    View Item