Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Lingkungan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

P, FIRMAN ANDRE SETYA (2016) Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Lingkungan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (37Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA FIRMAN ANDRE SETYA PUTRANTO F 1313036 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara karakteristik perusahaan yang pengamat telah pilih antara lain, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan yang diproksikan dengan jumlah tenaga kerja, leverage yang dihitung dengan membagi total hutang dengan total modal sendiri, umur perusahaan yang dilihat dari sejak kapan perusahaan tersebut didirikan dan dihitung dengan cara mengurangi tahun yang sedang berjalan dengan tahun berdirinya perusahaan, serta profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA) terhadap pengungkapan lingkungan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013 yang mengeluarkan laporan tahunan dan dari laporan keberlanjutan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen ukuran dewan komisaris dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, kemudian ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan, dan leverage berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Kata Kunci : Ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, profitabilitas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 20:51
    Last Modified: 16 Mar 2016 20:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23920

    Actions (login required)

    View Item