PENERAPAN TEKNIK MENULIS BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK NEGERI 1 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN 2015/2016

WAHYUDI, EKO (2016) PENERAPAN TEKNIK MENULIS BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS XI TKR 2 SMK NEGERI 1 KEDAWUNG SRAGEN TAHUN 2015/2016. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (739Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Eko Wahyudi. 2015. S441408003. Penerapan Teknik Menulis Berantai Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Menulis Aksara Jawa Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Negeri 1 Kedawung Sragen Tahun 2015/2016. Tesis. Pembimbing I: Dr. Sumarwati, M.Pd., II: Dr. Supana, M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Minat Utama Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis aksara Jawa melalui teknik menulis berantai pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 1 Kedawung yang berjumlah 35 siswa. Sumber data berasal tempat dan peristiwa, siswa dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan teknik menulis berantai pada pembelajaran menulis aksara Jawa dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen. Peningkatan motivasi dan kemampuan menulis aksara Jawa siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pratindakan ke siklus I, dan siklus I ke siklus II. Persentase motivasi pratindakan adalah 41,9%, setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 67,63%, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 89,53%. Persentase ketuntasan nilai kemampuan menulis aksara Jawa pratindakan adalah 5,7%, meningkat menjadi 60% setelah mendapat tindakan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 100% setelah mendapat tindakan siklus II. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik menulis berantai dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas XI TKR 2 SMK Negeri 1 Kedawung, Sragen. Kata kunci: motivasi, kemampuan menulis aksara Jawa, teknik menulis berantai.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 20:38
    Last Modified: 16 Mar 2016 20:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23918

    Actions (login required)

    View Item