Implementaso Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) dalam Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Semanggi Tahun 2012-2014)

APRILIA, CHIKA AYU (2016) Implementaso Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) dalam Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Semanggi Tahun 2012-2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (289Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Chika Ayu Aprilia. D0111024. Implementasi Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat dalam Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga di Kota Surakarta (Studi Kasus di Kelurahan Semanggi Tahun 2012-2014). Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2015. 188 halaman. Kebijakan kesehatan menjadi salah satu fokus penting pemerintah dalam pembangunan, dalam hal ini untuk menangani penyakit endemik yang berkembang pada masyarakat yang tinggal di daerah urban dengan angka kemiskinan tinggi dimana akses sanitasi tidak mereka peroleh dengan baik seperti di Kota Surakarta. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum melaksanakan Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan proses implementasi Program SPBM dalam pengolahan air limbah rumah tangga di Kelurahan Semanggi serta untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi proses implementasi program. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari dokumen, hasil wawancara, dan observasi. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling. Validitas data menggunakan cara triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisa data menggunakan model analisis interaktif. Implementasi Program SPBM dalam pengolahan air limbah rumah tangga di Kelurahan Semanggi dilakukan dalam empat tahapan yaitu persiapan masyarakat, perencanaan kegiatan, pelaksanaan konstruksi serta operasi dan pemeliharaan. Implementasi Program SPBM secara umum belum optimal karena terdapat beberapa kegiatan yang belum dilakukan sesuai dengan pedoman yang ada, misalnya kurangnya narasumber yang hadir dalam kegiatan, pembentukan Pokjasan Kelurahan dilakukan setiap tahun, keikutsertaan perempuan minimal 40% belum bisa terpenuhi pada pelaksanaan rembug warga, masih terdapat kekurangan dalam kelengkapan administrasi pada DRP/RKM dan mekanisme pelaporan. Terdapat beberapa faktor yang mendukung proses implementasi antara lain komunikasi yang dilakukan oleh pelaksana, unit pelaksana yang cukup dan sebagian besar berkompeten dibidangnya, ketersediaan dana serta adanya SOP yang jelas. Selain itu terdapat faktor yang menghambat proses implementasi seperti kurangnya komunikasi pada waktu sosialisasi, adanya beberapa pelaksana yang kurang melaksanakan tugasnya dengan baik seperti Pokjasan Kelurahan, TFL 2013, LKM dan KPP serta kurangnya informasi dalam hal pelatihan KPP. Kata kunci : implementasi, sanitasi air limbah rumah tangga, Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 20:19
    Last Modified: 16 Mar 2016 20:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23913

    Actions (login required)

    View Item