“POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEDISIPLINAN” (Studi Kasus Kelas X IPS SMA Negeri 7 Surakarta)

IRAWAN, ANTON DWI (2016) “POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEDISIPLINAN” (Studi Kasus Kelas X IPS SMA Negeri 7 Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (924Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Anton Dwi Irawan. K8411010. POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KEDISIPLINAN (STUDI KASUS KELAS X IPS SMA NEGERI 7 SURAKARTA). Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan konstruksi kedisiplinan dalam diri siswa serta untuk mengetahui pola interaksi guru dan siswa yang efektif sebagai strategi membangun kedisiplinan siswa di SMA N 7 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap untuk mendapatkan hasil penelitian yang mendalam. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam dan observasi. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui studi dokumentasi berupa foto lingkungan sekolah dan tata tertib di SMA N 7 Surakarta. Teknik analisis menggunakan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedisiplinan dimaknai sebagai suatu perilaku yang dilakukan siswa di sekolah dan tidak mendapat hukuman. Pemaknaan disiplin siswa tidak sejalan dengan perilaku disiplin yang diharapkan sekolah. Hal ini karena sebagian perilaku yang di kategorikan tidak disiplin dianggap wajar karena dilakukan banyak siswa dan tidak mendapat hukuman. Pola interaksi yang dijadikan strategi guru dalam menanamkan kedisiplinan kepada siswa di sekolah ada tiga, Dengan interaksi simbolis berupa pemberian contoh pada siswa, dengan interaksi non simbolis berupa nasehat pada siswa, dengan Interaksi non simbolis berupa hukuman pada siswa Pola interaksi secara simbolis berupa pemberian contoh merupakan strategi yang tepat dalam membangun kedisiplinan pada diri siswa atau guru menjadi role model bagi siswa. Kesadaran akan kedisiplinan yang datang dari dalam diri itu merupakan kedisiplinan yang yang nyata dan dapat mempengaruhi siswa dalam kehidupannya. Kesadaran akan kedisiplinan yang datang dari dalam diri itu merupakan kedisiplinan yang yang nyata dan dapat mempengaruhi siswa dalam kehidupannya. Sikap disiplin yang berasal dari paksaan akan menjadi perilaku yang semu, yaitu berperilaku disiplin hanya pada saat dilihat guru atau dapat dikatakan sebagai kesadaran semu mengenai kedisiplinan. Strategi yang dilakukan lebih kepada pemaknaan kedisiplinan secara subyektif artinya dikembalikan pada proses self indication pada siswa. Siswa memilih sendiri cara mana yang mereka inginkan, dengan begitu mereka akan bisa memaknai kedisiplinan yang datang dari dalam diri mereka. Kata Kunci: Kedisiplinan, Pola interaksi, self indication.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 19:55
    Last Modified: 16 Mar 2016 19:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23906

    Actions (login required)

    View Item