Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivis-Metakognitif terhadap Kemmapuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Pokok Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

DIANTI, RISNA (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivis-Metakognitif terhadap Kemmapuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Pokok Sistem Koordinasi Kelas XI MIPA SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (589Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Risna Dianti. K4311059. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVIS-METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI POKOK SISTEM KOORDINASI KELAS XI MIPA SMAN 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran konstruktivis-metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi pokok sistem koordinasi kelas XI MIPA SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian quasi experimental research menggunakan desain pretest-posttest nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel secara cluster sampling. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015, sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas perlakuan dengan model pembelajaran konstruktivis-metakognitif dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes essay, lembar observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Anakova (Analisis Kovarian). Hasil penelitian menunjukkan Fhitung>Ftabel dan sig.<0,05 untuk nilai kemampuan berpikir kritis peserta didik. Keputusan hasil menggunakan Anakova menunjukkan Ho ditolak. Penolakan H0 menunjukkan adanya perbedaan rerata kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran konstruktivis-metakognitif (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran konstruktivis-metakognitif (kelas kontrol). Pernyataan tersebut didukung secara deskriptif yaitu nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada pretest untuk kelas eksperimen mencapai 39 dan kelas kontrol mencapai 30,29. Sedangkan untuk posttest pada kelas eksperimen mencapai 61,52 dan kelas kontrol mencapai 39. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran konstruktivis-metakognitif dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik materi pokok system koordinasi kelas XI MIPA SMAN 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : model pembelajaran konstruktivis-metakognitif, berpikir kritis, sistem koordinasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 19:33
    Last Modified: 16 Mar 2016 19:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23900

    Actions (login required)

    View Item