PENENTUAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN YANG DITERAPKAN PADA PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI

Senjaya, Elenadia Virantika (2009) PENENTUAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN YANG DITERAPKAN PADA PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana menyeluruh terpadu dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan. Strategi pemasaran itu sendiri masuk dalam suatu bauran pemasaran (marketing mix). Selain pemasaran ada bebarapa strategi produk, strategi harga, saluran distribusi dan strategi promosi didalamnya. Keempat unsur tersebut merupakan tindakan yang mempengaruhi pembeli dimana pembeli dapat dipengaruhi oleh produk yang bermutu, dengan harga yang bersaing sesuai dengan mutu produk yang dihasilkan, cara pendistribusian yang tepat, serta promosi yang meyakinkan sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri dalam sistem pemasarannya serta mengetahui cara mempertahankan hubungan kerjasama dengan pelanggan yang dilakukan PT. Kharisma Rotan Mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara untuk memperoleh data primer dan sekunder. PT. Kharisma Rotan Mandiri menerapkan strategi bauran pemasaran dalam mengelola perusahaannya. Strategi produk yang dilakukan dengan perencanaan dan pengembangan produk serta tetap menjaga kualitas produk, strategi harga yang diterapkan menggunakan metode biaya plus dengan memberikan potongan harga pada saat-saat tertentu, kegiatan promosi yang dilakukan antara lain melalui website serta mengikuti pameran baik didalam maupun luar negeri dengan menyediakan katalog, CD, dan beberapa contoh produk, sedangkan untuk strategi distribusi yang digunakan yaitu saluran distribusi langsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan PT. Kharisma Rotan Mandiri berjalan dengan baik. Dilihat dari produk dan harga yang diberikan mampu menembus pasar ekspor dan dapat diterima oleh pembeli. Saran yang dapat diberikan penulis sebagai pertimbangan dan masukan bagi perusahaan, yaitu perusahaan harus selalu melakukan inovasi dan diferensiasi produk melalui desain dan model yang lebih menarik dan unik dalam menghadapi persaingan, website yang digunakan sebagai kegiatan promosi harus selalu di up date agar konsumen selalu mendapatkan informasi yang terbaru, kualitas yang diberikan melalui klaim pada PT. Kharisma Rotan Mandiri harus tetap terjaga dengan adanya bukti komplain dan terus meningkat agar tercipta kepercayaan untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Users 838 not found.
    Date Deposited: 12 Jul 2013 00:49
    Last Modified: 12 Jul 2013 00:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/2390

    Actions (login required)

    View Item