Analisis Komunikasi Matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Ditinjau dari Perbedaan Gender

R, RETNO PUTRI DWI (2016) Analisis Komunikasi Matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Ditinjau dari Perbedaan Gender. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (785Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Retno Putri Dwi R. Analisis Komunikasi Matematis Secara Tertulis Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sukoharjo Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui karakteristik komunikasi matematis secara tertulis dalam pembelajaran geometri pada peserta didik perempuan, (2) mengetahui karakteristik komunikasi matematis secara tertulis dalam pembelajaran geometri pada peserta didik laki-laki, (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis secara tertulis dan (4) memberikan solusi alternatif yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 1 yang berjumlah 38 peserta didik. Penentuan subjek ditentukan dengan teknik sampel bertujuan sehingga diperoleh 4 peserta didik yang menjadi subjek penelitian yakni 2 peserta didik perempuan yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat 2 dan 2 peserta didik laki-laki yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tingkat 2. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa: (1) Peserta didik perempuan yang berkemampuan komunikasi matematis secara tertulis tingkat 2 memiliki karakteristik mampu dengan benar menuliskan informasi terkait konteks isi persoalan ke dalam kalimat matematis dan lebih teliti dalam menghimpun informasi; dalam memahami istilah-istilah matematis minimal efektif untuk menjelaskan konteks persoalan; menuliskan notasi matematika dengan tidak tepat, tidak mengetahui makna notasi yang dituliskan, terkadang menuliskan notasi yang ambigu dan tidak bermakna; menyelesaikan persoalan matematika dengan tidak lengkap; tidak dapat menuliskan argumen pada setiap prosedur penyelesaian; mampu menyampaikan ide atau relasi matematika ke dalam gambar yang mengilustrasikan konteks permasalahan. (2) Peserta didik laki-laki yang berkemampuan komunikasi matematis secara tertulis tingkat 2 memiliki karakteristik mampu dengan benar menuliskan informasi terkait konteks isi persoalan ke dalam kalimat matematis; dalam memahami istilah-istilah matematis minimal efektif untuk menjelaskan konteks persoalan; menuliskan notasi matematika dengan tidak tepat, tidak mengetahui makna notasi yang dituliskan dan terkadang menuliskan notasi yang tidak bermakna; menyelesaikan persoalan matematika dengan tidak lengkap; tidak dapat menuliskan argumen pada setiap prosedur penyelesaian; mampu menyampaikan ide atau relasi matematika ke dalam gambar yang mengilustrasikan konteks permasalahan akan tetapi mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide ke dalam gambar pada persoalan jarak pada soal yang tidak eksplisit. (3) Beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis secara tertulis yaitu : pembelajaran yang mengutamakan hasil daripada proses, evaluasi pembelajaran yang mengutamakan hasil daripada proses, tidak ada pemahaman terkait manfaat memiliki komunikasi matematis secara tertulis yang baik. (4) Beberapa solusi alternatif yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis yakni : membiasakan pembelajaran yang mengutamakan pada proses dan hasil, melakukan evaluasi pembelajaran yang mengutamakan pada proses dan hasil, serta memahamkan peserta didik mengenai manfaat berkemampuan komunikasi matematis secara tertulis. Kata kunci: komunikasi matematis secara tertulis, gender, faktor penyebab, solusi alternatif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 19:21
    Last Modified: 16 Mar 2016 19:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23898

    Actions (login required)

    View Item