Kompetensi Guru dalam melakukan Penilaian Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 3 Surakarta

N, DOMINGGUS PETRA (2016) Kompetensi Guru dalam melakukan Penilaian Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 3 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (147Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kompetensi guru dalam melakukan penilaian kurikulum 2013 pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta; dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi guru-guru tersebut dalam melakukan penilaian kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Objek penelitian ini adalah kompetensi penilaian pembelajaran akuntansi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi, meningkatkan ketekunan, dan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles and Huberman, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta cukup memadai. Guru telah melakukan proses penilaian mulai dari membuat perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan data, hingga melaporkan hasil penilaian ke dewan guru, siswa, dan wali murid. Ada beberapa langkah dalam standar penilaian yang tidak dilaksanakan, yaitu pelaksanaan penilaian tidak dilakukan berdasarkan pedoman penilaian, tidak adanya kisi-kisi penilaian, dan deskripsi penilaian yang tidak menggambarkan kondisi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Kompetensi guru dalam melakukan penilaian dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, guru masih terbiasa dengan kurikulum yang lama (KTSP). Sementara itu, faktor eksternal mencakup workshop/seminar/pelatihan dan supervisi yang dilakukan oleh pihak pengawas dan pihak sekolah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 17:29
    Last Modified: 16 Mar 2016 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23896

    Actions (login required)

    View Item