Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016

PADMADHANI, SEKAR (2016) Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (850Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Sekar Padmadhani. Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP N 1 Wonogiri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2015. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP N 1 Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan nonrandomized pretest-posttest control group design yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subyek penelitian yang berjumlah 28 terbagi secara matching berdasarkan nilai pretest menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data mengenai kreativitas diperoleh melalui instrumen Tes Kreativitas Verbal (TKV) yang disusun oleh Sukarni C.U Munandar pada tahun 1977. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney dan Wilcoxon dengan bantuan IBM Statstic 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji Mann Whitney adalah 0,000 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,000<0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara gain score kelompok eksperimen dengan gain score kelompok kontrol setelah kelompok eksperimen diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Hasil uji tersebut didukung dengan Uji Wilcoxon, diperoleh hasil dari Uji Wilcoxon adalah 0,001 dengan signifikansi 0,05 sehingga 0,001<0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan nilai postest kelompok eksperimen setelah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming. Kesimpulan penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP N 1 Wonogiri tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci : Bimbingan kelompok, brainstorming, kreativitas

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 17:00
    Last Modified: 16 Mar 2016 17:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23893

    Actions (login required)

    View Item