ANALISIS PERATAAN LABA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

W, KUNCORO ANDI (2016) ANALISIS PERATAAN LABA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (976Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, profitabilitas, financial leverage, dan free cash flow terhadap perataan laba pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perataan laba diukur menggunakan tiga item yaitu laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba tahun berjalan. Asimetri informasi diukur menggunakan ask-bid spread. Profitabilitas diukur menggunakan Return On Assets (ROA). Financial leverage diukur menggunakan Debt To Total Asset. Free cash flow diukur menggunakan selisih antara arus kas dari operasi perusahaan dan belanja modal perusahaan. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebesar 21 perusahaan manufaktur sektor aneka industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap perataan laba dengan variabel laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba tahun berjalan. Financial leverage tidak berpengaruh terhadap perataan laba dengan item laba operasi, tetapi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba sebelum pajak dan laba tahun berjalan. Free cash flow tidak berpengaruh terhadap perataan laba dengan variabel laba operasi, laba sebelum pajak, dan laba tahun berjalan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tidak membedakan antara perusahaan yang mengalami perataan laba dan perusahaan yang tidak mengalami perataan laba. Kata kunci: Perataan Laba, Asimetri Informasi, Profitabilitas, Financial Leverage, Dan Free Cash Flow

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 16:31
    Last Modified: 16 Mar 2016 16:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23890

    Actions (login required)

    View Item