PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI JURNAL SISWA (DIARY BOOK) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 2 SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

KHOTIMAH, NURUL (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI JURNAL SISWA (DIARY BOOK) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 2 SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (468Kb) | Preview

    Abstract

    Nurul Khotimah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DISERTAI JURNAL SISWA (DIARY BOOK) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIA 2 SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) disertai Jurnal Siswa (Diary Book) pada materi pokok kelarutan dan hail kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara) . Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 76,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%.Peningkatan prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 63,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67%, pada aspek sikap pada siklus I ketercapaiannya sebesar 80% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Sedangkan untuk aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) disertai Jurnal Siswa (Diary Book) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 2 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Kata Kunci : penelitian tindakan kelas, CPS, jurnal siswa, aktivitas belajar, prestasi belajar, kelarutan dan hasil kali kelarutan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 15:09
    Last Modified: 16 Mar 2016 15:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23887

    Actions (login required)

    View Item