Eksplorasi Model Pemasaran Syari’ah Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Provinsi Banten

, MULJADI (2016) Eksplorasi Model Pemasaran Syari’ah Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Provinsi Banten. PhD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (238Kb) | Preview

    Abstract

    Eksplorasi Model Pemasaran Syari’ah Pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Provinsi Banten Muljadi, Tulus Haryono, Salamah Wahyuni Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara mendalam kegiatan pemasaran syari’ah serta proses operasionalisasi model pemasaran syari’ah BMT di Provinsi Banten sudah sesuai dengan prinsip- prinsip syari’ah atau belum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologis. Studi fenomenologis mencoba untuk menjelaskan atau mengungkap makna konsep atau fenomena yang didasarkan pada pengalaman kesadaran yang terjadi pada beberapa individu. Sampel yang di teliti berjumlah 6 BMT dari Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten. Dengan subyek peneliti atau informan adalah pengurus (Ketua, Sekretaris, Bendahara) atau pengelola (Manajer, staf) BMT dan mitra BMT pada sejumlah BMT yang tersebar di Provinsi Banten. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan model interaktif. Dalam model analisis ini terdapat 3 (tiga) komponen analisis, yaitu: reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kegiatan model pemasaran syari’ah pada BMT terdiri dari 4 (empat) konsep yaitu Al-Fikri, Al-Sahm Alsuqy, Al-Qolbu dan Al-Nafs. Pada konsep model Al-Fikri yang terdiri atas dimensi maslahah dan dimensi ta’awun. Model Al-Sahm Alsuqy terdiri dari dimensi barokah, dimensi istiqomah, dan dimensi tijaroh. Konsep model Al-Qolbu terdiri dari dimensi al-amin, dimensi ihsan, dan dimensi fastabiqul khairat. Konsep model Al-Nafs terdiri dari dimensi siddiq, dimensi ikhlas, dimensi amanah, dan dimensi silaturrahim. Proses operasionalisasi model pemasaran kesyari’ahan BMT di Provinsi Banten belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan prinsip – prinsip syari’ah disebabkan konsep model pemasaran syari’ah BMT belum dipahami oleh pengurus, pengelola dan nasabah, sebagaimana seharusnya yang sesuai dengan konsep syari’ah. Berdasarkan model pemasaran syari’ah pada BMT, penelitian ini juga menghasilkan Proposisi Mayor yaitu faktor sumber daya manusia seperti pengurus dan pengelola belum memahami konsep kesyari’ahan dalam operasionalisasi BMT, faktor produk syari’ah dan transaksi – traksaksi dilakukan BMT terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam operasionalisasinya. Pemahaman terhadap penggunaan istilah syari’ah dengan menggunakan bahasa arab belum menunjukkan kesungguhan dalam memberikan pelayanan di BMT. Kejujuran, keikhlasan dan amanah belum sepenuhnya dilaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan BMT. Kata kunci : Ekplorasi BMT, model pemasaran syari’ah BMT : Al-Fikri, Al-Sahm Alsuqy, Al-Qolbu dan Al-Nafs

    Item Type: Thesis (PhD)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor
    Pasca Sarjana > Doktor > Ilmu Ekonomi - S3
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 16 Mar 2016 14:29
    Last Modified: 16 Mar 2016 14:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23877

    Actions (login required)

    View Item