Peningkatan Pengenalan Membaca Melalui Metode Story Reading Kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Waru II Baki Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012

AISIYAH, ANDIKA (2016) Peningkatan Pengenalan Membaca Melalui Metode Story Reading Kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Waru II Baki Sukoharjo Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (335Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Andika Aisiyah. PENINGKATAN PENGENALAN MEMBACA MELALUI METODE STORY READING KELOMPOK B DI BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH WARU II BAKI SUKOHARJO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode story reading dapat meningkatkan pengenalan membaca anak di Bustanul Athfal Aisyiyah Waru II Baki Sukoharjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 4 tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Empat langkah utama yang saling berkaitan itu disebut satu siklus. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, penugasan atau unjuk kerja. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan peneliti adalah deskripstif komparatif dan analisis kuantitatif dilanjutkan analisis interaktif. Hasil Peningkatan pengenalan membaca tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pengenalan membaca pada setiap siklusnya sebelum tindakan kelas rata- rata pengenalan membaca anak 62,5%, siklus I nilai rata- rata pengenalan membaca anak 75% dan siklus II nilai rata- rata 87,5% pengenalan membaca anak.Tingkat ketuntasan belajar anak pada kondisi awalsebanyak 6 anakatau 62,5%, 12 anakatau 75%pada siklus I dan 14 anakatau 87,5% padasiklus II. Dengan demikian, penggunaan metode story reading dapat meningkatkan pengenalan membaca anakkelompok B Bustanul Athfal Aisyiyah Waru II Baki Sukoharjo Semester II. Kata Kunci : pengenalan membaca permulaan, metode story reading.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 16 Mar 2016 11:23
    Last Modified: 16 Mar 2016 11:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23872

    Actions (login required)

    View Item