PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS X TGB B SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

ROHMANA, JAKA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS X TGB B SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (753Kb) | Preview

    Abstract

    Jaka Rohmana. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS X TGB B SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki pembelajaran mekanika teknik dan menjelaskan mekanisme pelaksanaan pembelajaran mekanika teknik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2014 / 2015 berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 17 orang putra dan 15 orang putri. Teknik pengumpulan data dengan penilaian hasil belajar perhitungan konstruksi bangunan sederhana, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil : Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat memperbaiki pembelajaran mekanika teknik pada siswa kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian. Hasil belajar siswa ranah kognitif (Pra Siklus sebesar 31,25% ; Siklus I sebesar 65,63% ; Siklus II sebesar 90,63%). Hasil belajar siswa ranah afektif (Pra siklus sebesar 53,02% ; Siklus I sebesar 64,06% ; Siklus II sebesar 78,23%). Hasil belajar siswa ranah psikomotor (Pra siklus sebesar 43,19% ; Siklus I sebesar 62,50% ; Siklus II sebesar 80,08%). Skor penilaian performance guru dalam kegiatan belajar mengajar (Pra siklus sebesar 34,40% ; Siklus I sebesar 69,79% ; Siklus II sebesar 90,625%). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) dapat memperbaiki pembelajaran mekanika teknik pada siswa kelas X TGB B SMK Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 07 Mar 2016 07:31
    Last Modified: 07 Mar 2016 07:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23867

    Actions (login required)

    View Item