upaya meningkatkan keterampilan bermain bolavoli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VIII E SMP N 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016

BERGAS, HANGGORO (2016) upaya meningkatkan keterampilan bermain bolavoli menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VIII E SMP N 14 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (308Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Hanggoro Bergas. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII E SMP N 14 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain bolavoli pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta, tahun ajaran 2015/2016, melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian keterampilan passing dan servis bawah bolavoli. analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan bermain bolavoli siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan pendekatan bermain untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan teknik dasar bolavoli sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan keterampilan siswa menjadi rendah. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 50,00%, sedangkan pada siklus II mencapai 81,25%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan bermain bolavoli siswa kelas VIII E SMP Negeri 14 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: pendekatan bermain, keterampilan, bermain bolavoli.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Mar 2016 15:33
    Last Modified: 03 Mar 2016 15:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23862

    Actions (login required)

    View Item