PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA SDN PARIJATAH WETAN-KULON KABUPATEN BANYUWANGI

BUDIARTO, GEMA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA SDN PARIJATAH WETAN-KULON KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (140Kb) | Preview

    Abstract

    Gema Budiarto. S861402019. 2015. PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL IPS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA SDN GUGUS PARIJATAH WETAN-KULON KABUPATEN BANYUWANGI. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui media apakah yang biasa dipakai dalam pembelajaran IPS di SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon Kabupaten Banyuwangi; (b) mengetahui pengembangan media komik digital yang efektif di SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon Kabupaten Banyuwangi; dan (c) mengetahui efektifitas media komik digital dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan sikapNasionalisme siswa di SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D) yang menggunakan model desain Pengembangan ADDIE. Dikatakan R&D karena dalam penelitian ini menghasilkan sebuah produk. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa komik digital IPS. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon. Pengambilan sample dilakukan dengan random sampling. Sample dalam penelitian ini terdiri dari dua sekolah, yaitu SDN 2 Parijatah Wetan sebagai kelas Eksperimen dan SDN 4 Parijatah Kulon sebagai kelas Kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, pre-test prestasi dan pre-test angket. Hasil penelitian dalam studi pendahuluan menunjukkan bahwa media pembelajaran IPS yang digunakan selama proses pembelajaran berupa media 3 dimensi dan media visual (gambar). Kebutuhan media pembelajaran guru dan siswa adalah media yang bersifat digital-visual berbentuk komik digital. Dalam pengembangan media terdiri dari analisis kebutuhan, draf model media, pengembangan media berupa Validasi Tim Ahli Pembelajaran dan Ahli Media, implementasi media berupa uji terbatas oleh siswa, dan uji efektivitas dengan menggunakan Uji T SPSS 16 diketahui bahwa media komik digital IPS efektif untuk diterapkan dalam proses pembelajaran di SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon ditunjukkan dengan thit = 3,390 > ttab = 2,048 dengan uji 2 sisi menggunakan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media komik digital IPS dapat meningkatkan sikap Nasionalisme siswa di SDN Gugus Parijatah Wetan-Kulon, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kata Kunci: Pengembangan Media, Komik Digital IPS, Sikap Nasionalisme.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Mar 2016 15:28
    Last Modified: 03 Mar 2016 15:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23861

    Actions (login required)

    View Item