Implementasi Nilai-Nilai Ketamansiswaan Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Di SMA Tamansiswa Malang) (Studi di SMA Mamansiswa Malang)

PARAMITASARI, RETNO (2016) Implementasi Nilai-Nilai Ketamansiswaan Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Di SMA Tamansiswa Malang) (Studi di SMA Mamansiswa Malang). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (101Kb) | Preview

    Abstract

    Retno Paramitasari. NIM: S861208026. 2015. Implementasi Nilai-Nilai Ketamansiswaan Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Di SMA Tamansiswa Malang). Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, II: Prof. Dr. Warto, M.Hum. Program Studi Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bentuk pelaksanaan pendidikan ketamansiswaan di SMA Tamansiswa Malang, (2) implementasi nilai-nilai ketamansiswaan dalam pembelajaran sejarah, (3) kendala yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai ketamansiswaan dalam pembelajaran sejarah dan cara mengatasinya. Penelitian ini dilakukan di SMA Tamansiswa Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat peristiwa dan aktivitas, dokumen serta arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi atau pengamatan, serta pencatatan dokumen dan arsip. Untuk pemilihan dan pembatasan sumber data digunakan teknik purposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) SMA Tamansiswa Malang melaksanakan pendidikan ketamansiswaan melalui mata pelajaran khusus ketamansiswaan, ekstrakurikuler seni tari dan karawitan, kegiatan pembiasaan serta pemasangan poster-poster bertuliskan kata/kalimat bijak. (2) Penerapan nilai-nilai ketamansiswaan dalam pembelajaran sejarah diawali guru dengan memberikan keteladanan sikap dan perilaku yang baik selama proses pembelajaran di dalam kelas maupun dalam lingkungan sekolah. Nilai-nilai ketamansiswaan diidentifikasi dan dicantumkan ke dalam perangkat pembelajaran. Guru menggunakan metode diskusi dan tanya jawab untuk menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai ketamansiswaan pada siswa. Penilaian terhadap nilai-nilai ketamansiswaan dilakukan oleh guru di dalam kegiatan evaluasi. (3) Kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai ketamansiswaan yaitu rendahnya motivasi siswa untuk belajar sejarah, serta rendahnya keaktifan siswa di dalam kelas. Untuk mengatasi kendala tersebut, guru memberikan perhatian dan pengarahan tentang pentingnya materi tersebut bagi siswa, di samping itu guru secara terus menerus mendorong siswa untuk aktif melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi kelompok dan akan memberikan tambahan nilai bagi siswa yang aktif. Kata Kunci: implementasi nilai-nilai ketamansiswaan, pembelajaran sejarah, SMA Tamansiswa Malang.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: D History General and Old World > D History (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Mar 2016 14:05
    Last Modified: 03 Mar 2016 14:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23851

    Actions (login required)

    View Item