Analisis Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye serta Kesesuaiannya sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra)

JATININGSIH, TRI (2016) Analisis Karakter Tokoh dan Nilai Pendidikan dalam Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye serta Kesesuaiannya sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Tinjauan Psikologi Sastra). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (513Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan karakter tokoh dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye ditinjau dari aspek psikologi sastra, nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong, dan kesesuaian novel Ayahku (Bukan) Pembohong sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sumber data yang digunakan adalah dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) para tokoh dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye memiliki karakter berbeda-beda; 2) dalam novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye terdapat beberapa nilai pendidikan; serta 3) novel Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dapat digunakan sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA karena sesuai dengan kurikulum dan tingkat kemampuan siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: fransiska siska meilani
    Date Deposited: 03 Mar 2016 13:52
    Last Modified: 03 Mar 2016 13:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/23849

    Actions (login required)

    View Item